Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur F-35 Jepang Hilang dari Radar di Kawasan Pasifik

Kompas.com - 10/04/2019, 05:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com — Angkatan Udara Jepang (ASDF) menyatakan, mereka kehilangan kontak dengan jet tempur F-35 yang saat itu melakukan misi terbang malam.

Dalam keterangan ASDF, jet tempur buatan Amerika Serikat (AS) itu hilang kontak pada pukul 19.27 waktu setempat, demikian laporan Japan Times Selasa (9/4/2019).

Baca juga: AS Tangguhkan Pengiriman F-35 ke Turki, Israel Diuntungkan

Diwartakan Asahi Shimbun via Russian Today, pesawat itu lepas landas bersama pesawat lain dalam latihan malam di Pangkalan Misawa.

Dari pangkalan berlokasi 135 km di timur laut Misawa City itu, F-35 tersebut terbang selama 30 menit sebelum menghilang dari radar di kawasan Samudra Pasifik.

Saat itu, diyakini hanya ada satu pilot di dalam jet tempur tersebut. Namun, ASDF tidak bisa mengonfirmasi apakah dia berhasil meloloskan diri.

Menteri Pertahanan Takeshi Iwaya kepada awak media di Tokyo mengatakan, mereka sudah menggelar operasi pencarian dan penyelamatan terhadap pilot dan pesawat.

"Untuk saat ini, kami bakal mencurahkan perhatian sepenuhnya untuk keselamatan pilot," kata Iwaya saat ditanyakan penyebab jet tempur itu menghilang.

Iwaya melanjutkan hingga insiden ini selesai diselidiki, seluruh jet tempur F-35 yang berada di Pangkalan Misawa tak akan diterbangkan.

F-35A yang dipunyai Jepang merupakan jet tempur dengan lepas landas dan mendarat secara konvensional serta paling kecil yang diproduksi pabrikan Lockheed Martin.

Negeri "Matahari Terbit" telah membentuk skuadron pertama F-35 yang bermarkas di Misawa dengan berkekuatan 13 unit pada 26 Maret lalu.

Nantinya, Tokyo berencana membentuk skuadron berisi 147 unit jet tempur F-35, dengan 105 di antaranya merupakan varian F-35A.

Baca juga: AS Sepakat Jual Jet Tempur F-35 Senilai Rp 2,1 Triliun dengan Australia dan Norwegia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com