Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masker Oksigen Mendadak Keluar, Penumpang British Airways Panik

Kompas.com - 09/04/2019, 20:38 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber The Sun

LONDON, KOMPAS.com - Penumpang pesawat British Airways dari Singapura menuju London dibuat panik dengan insiden keluarnya masker oksigen darurat di tengah penerbangan.

Dilansir The Sun, Senin (8/4/2019), insiden tersebut terjadi sekitar dua jam setelah pesawat berangkan dari Bandara Internasional Changi di Singapura menuju Bandara Heathrow, London.

Salah satu penumpang, Mitchell Webb (24), yang melakukan perjalanan bersama seorang rekannya, mengaku situasi mendadak panik setelah layar media dan lampu mati, diikuti dengan masker oksigen yang keluar dari atas kursi penumpang.

"Layar media dan lampu mati diikuti masker oksigen yang keluar dan sebuah pengumuman otomatis yang memberitahu kami untuk memakai masker itu," kata Webb kepada Sun Online Travel.

"Sekitar 2-3 menit kemudian, kru kabin mengabarkan untuk mengabaikan pesan, karena itu terjadi akibat kesalahan teknis dan mereka sedang dalam proses mengulang sistem."

Baca juga: Layar Kokpit Mendadak Nge-blank, Penerbangan ExpressJet Dialihkan

"Salah seorang kru kabin memastikan bahwa semua baik-baik saja, kami senang mendengarnya, tapi bahkan setelah semua kepanikan yang terjadi tidak ada penjelasan atau permintaan maaf dari kapten untuk menenangkan kami, bahkan sampai saat pesawat mendarat."

Webb mengatakan bahwa mereka mendapat email selama penerbangan setelah insiden yang menjelaskan kejadian yang baru saja terjadi. Namun tidak ada penjelasan langsung dari kapten pesawat.

Pihak maskapai telah mengirimkan pesan permohonan maaf kepada setiap penumpang melalui email.

Pesan tersebut tertulis, "Kami ingin menyampaikan permintaan maaf atas insiden keluarnya masker oksigen yang tidak disengaja selama dalam penerbangan Anda dari Singapura, maupun atas segala kesulitan dan kekhawatiran yang mungkin ditimbulkan."

"Kami ingin meyakinkan kepada Anda bahwa keselamatan selalu menjadi prioritas utama kami dan kejadian ini tetap tidak akan dikompromikan."

"Kami percaya bahwa kru penerbangan dan kabin kami menangani situasi secara profesional sesuai dengan yang Anda harapkan."

"Jika Anda ingin membahas tentang masalan ini, silakan hubungi kami. Kami harap Anda memiliki penerbangan yang menyenangkan," tulis pesan email tersebut.

Sementara dari juru bicara British Airways mengatakan kepada Sun Online Travel, bahwa kru penerbangan dan kru kabin telah meyakinkan kepada para penumpang setelah masker oksigen tak sengaja dikeluarkan.

Baca juga: Pesawat British Airways Salah Mendarat 800 Kilometer dari Kota Tujuan

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas masalah dan kesulitan yang mungkin ditimbulkan dari insiden ini. Saat ini kami tengah menyelidiki tentang bagaimana insiden bisa terjadi," kata juru bicara maskapai.

Ini menjadi insiden kedua yang terjadi dalam penerbangan British Airways dalam sebulan terakhir.

Sebelumnya, pada 25 Maret lalu, pesawat British Airways yang berangkat dari bandara internasional London, Inggris dengan tujuan Dusseldorf, Jerman, justru mendarat di Edinburgh, Skotlandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com