Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telantarkan Bocah Usia 5 Tahun, Seorang Ibu Diinterogasi Polisi Hong Kong

Kompas.com - 09/04/2019, 18:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

TUEN MUN, KOMPAS.com - Petugas kepolisian Hong Kong pada Selasa (9/4/2019) dini hari dikejutkan dengan sosok anak kecil usia lima tahun yang sendirian di luar rumah.

Bocah laki-laki itu ditemukan petugas keamanan berada di lantai dasar sebuah kompleks apartemen di Po Tin Estate, dekat jalan Ming Tum, kota Tuen Mun, sekitar pukul 03.30 dini hari.

Saat ditemukan petugas bocah itu langsung mengeluhkan kelaparan dan meminta makan kepada petugas.

"Bocah itu berkata kepada petugas keamanan kalau dia merasa lapar dan meminta makan," ujar sumber kepolisian, dikutip SCMP.

Baca juga: Dokter Ini Larang Bocah 11 Tahun Main Game Selama Dua Pekan

Polisi lantas melakukan penyelidikan dan menemukan orangtua dari bocah itu. Petugas lantas membawa wanita berusia 42 tahun itu ke kantor polisi atas tuduhan telah menelantarkan dan memperlakukan anak dengan buruk.

Hingga sekitar pukul 12.30 waktu setempat, petugas masih menginterogasi ibu bocah itu dan belum menjatuhkan dakwaan.

Sementara anak laki-laki berusia lima tahun itu telah dibawa petugas ke Rumah Sakit Tuen Mun dan menjalani pemeriksaan medis untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

Di Hong Kong, pelaku perbuatan menyakiti atau menelantarkan anak di bawah usia 16 tahun dapat diancam dengan hukuman maksimal 10 tahun penjara.

Tahun lalu, jumlah kasus kekerasan pada anak di Hong Kong mencapai angka tertinggi dalam 14 tahun terakhir.

Data dari Departemen Kesejahteraan Sosial menunjukkan Catatan Perlindungan Anak mencapai 1.064 kasus selama 2018.

Data itu sekaligus menjadi kali pertama jumlah kasus kekerasan anak di Hong Kong dalam setahun mencapai angka di atas 1.000 kasus sejak 2010.

Baca juga: Tersesat di Gurun, Bocah 5 Tahun Ini Ditemukan 24 Jam Kemudian

Dari jumlah 1.064 kasus pada 2018, sebanyak 493 di antaranya merupakan kekerasan fisik, 237 melibatkan pengabaian, 297 kasus kekerasan seksual, dan 11 yang digolongkan kekerasan psikologis. Sisanya adalah campuran.

Sementara dari sisi pelaku kekerasan, sebanyak 64,5 persen dari kasus pada 2018, dilakukan oleh orangtua anak itu sendiri. Jumlah ini tertinggi sejak 2008.

Tiga wilayah di Hong Kong dengan kasus terbanyak adalah Yuen Long, Kwun Tong, dan Tuen Mun, yakni sebanyak 127, 126, dan 84 kasus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com