Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Buah Mangga Premium Terjual Rp 63 Juta dalam Lelang di Jepang

Kompas.com - 09/04/2019, 12:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Sepasang buah mangga kelas premium asal prefektur Miyazaki, di Jepang barat daya, berhasil memecahkan rekor dalam lelang yang digelar pada Senin (8/4/2019).

Sepasang buah mangga dari jenis yang dikenal dengan julukan "Taiyou no Tamago" atau "Telur Matahari" tersebut terjual dengan nilai lelang 500.000 yen atau lebih dari Rp 63 juta.

Buah mangga yang dilelang dalam pelelangan pertama di awal musim itu memiliki kriteria khusus yang harus dipenuhi sebelum dapat diikutkan dalam lelang.

Persyaratannya sangat ketat, mulai dari berat masing-masing buah yang harus berada pada kisaran 350 gram, harus memiliki kadar gula yang tinggi, serta bagian kulit yang lebih dari 50 persen memiliki rona merah terang.

Baca juga: Sepasang Melon Terjual Rp 413 Juta dalam Lelang di Jepang

Demikian dijelaskan Federasi Ekonomi Pertanian Miyazaki, seperti dikutip Kyodo News.

Acara lelang rutin tahunan yang digelar setiap awal musim itu dimulai sekitar pukul 07.00 pagi waktu setempat.

Saat nilai lelang diumumkan, para pengunjung pun terkejut dengan harga yang diraih karena lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada April 2018 lalu, sepasang buah mangga premium dalam lelang serupa terjual dengan nilai 400.000 yen atau sekitar Rp 50 juta.

Pemenang lelang buah mangga premium tahun ini adalah sebuah perusahaan grosir produk lokal di Miyazaki.

"Capaian rekor penjualan dalam lelang kali ini akan turut meningkatkan nilai mereka yang menanam mangga," ujar Shota Tatemoto (35), salah seorang karyawan di pasar grosir tersebut.

Buah mangga premium tersebut nantinya akan ditempatkan dalam wadah khusus seberat sekitar 1 kilogram dan nantinya akan dijual di supermarket di kota Fukuoka.

Pihak federasi pertanian Miyazaki mengharapkan musim pengiriman buah mangga oleh para petani akan mencapai puncaknya pada pertengahan Mei hingga Juni mendatang.

Baca juga: Berlian Merah Muda 19 Karat Terjual Rp 732 Miliar dalam Lelang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com