Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur F-16 Belanda Tertembak Pelurunya Sendiri

Kompas.com - 08/04/2019, 08:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Sebuah jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Belanda dilaporkan mengalami kerusakan cukup berat akibat terkena tembakan.

Namun anehnya, peluru yang mengenai badan pesawat tempur Belanda itu cocok dengan peluru yang ditembakkannya sendiri.

Laporan itu disampaikan media penyiaran Belanda, NOS, pekan lalu, yang mengutip pernyataan dari tim penyelidik yang menyelidiki insiden yang terjadi dalam latihan militer Januari lalu itu.

Dilansir Russian Times, dalam latihan tersebut, dua jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Belanda menggelar uji tembak sasaran darat menggunakan senapan mesin otomatis enam barel, Vulcan.

Di tengah latihan, tiba-tiba salah satu jet terkena tembakan dan mengalami kerusakan mesin. Beruntung, pesawat masih dapat mendarat dengan selamat dan tidak ada korban dalam insiden itu.

Baca juga: Pesawat Singapore Airlines Diancam Bom, Dua Jet F-16 Dikerahkan

Tim penyelidik pun menggelar penyelidikan dan mendapati bahwa peluru yang mengenai jet tempur itu berasal dari pesawat itu sendiri. Tim penyelidik belum mengetahui pasti bagaimana hal tersebut bisa terjadi dan masih melanjutkan penyelidikan.

Sebuah foto yang dirilis pihak penyelidik kepada media Belanda menunjukkan lubang peluru yang jelas terlihat pada badan pesawat, tepat di bawah kanopi. Proyektil peluru juga dilaporkan merusak mesin pesawat.

Foto yang dirilis tim penyelidik menunjukkan bekas tembakan pada badan pesawat F-16 milik Angkatan Udara Belanda yang disebut diakibatkan peluru yang ditembakkannya sendiri.TWITTER / NL NIEUWS Foto yang dirilis tim penyelidik menunjukkan bekas tembakan pada badan pesawat F-16 milik Angkatan Udara Belanda yang disebut diakibatkan peluru yang ditembakkannya sendiri.
"Ini adalah kasus serius. Karena itu, kami akan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana pesawat kami bisa terkena peluru yang ditembakkannya sendiri."

"Mengetahui bagaimana insiden ini bisa terjadi sangat penting untuk mencegah kejadian serupa di masa yang akan datang," kata Inspektur Jenderal Keamanan Wim Bargerbos, dikutip Russian Times.

Saat pesawat terkena peluru atau misil yang salah sasaran adalah hal yang lumrah terjadi, tetapi terkena peluru sendiri di tengah penerbangan dinilai sebagai hal yang nyaris mustahil.

Namun, ada satu insiden serupa yang terdokumentasi pernah terjadi sebelumnya dan itu juga melibatkan pesawat buatan AS.

Pada 1956, pilot F-11 Tiger, Thomas Attridge, tak sengaja menembak pesawatnya sendiri saat tengah menguji coba senapan meriam 20 milimeter dari pesawatnya.

Setelah menembak, pilot melakukan manuver sedikit menukik dan tertembak pelurunya sendiri selang satu menit kemudian.

Pesawat itu mengalami kerusakan parah dan jatuh, tetapi sang pilot hanya mengalami cedera dan dapat kembali bertugas beberapa bulan kemudian.

Baca juga: Pakistan Akui Pakai F-16 saat Pertempuran Udara Lawan India

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com