Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji PM Israel Netanyahu Caplok Tepi Barat Bikin Turki Geram

Kompas.com - 07/04/2019, 21:21 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

ANKARA, KOMPAS.com - Turki langsung melontarkan kecaman atas janji kampanye yang diucapkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu jelang pemilu Selasa nanti (9/4/2019).

Dalam janjinya, Netanyahu mengatakan dia bakal mencaplok permukiman di kawasan Tepi Barat yang diduduki setelah Perang Enam Hari 1967.

Baca juga: Jika Terpilih Lagi, PM Israel Netanyahu Berjanji Caplok Tepi Barat

Dalam kicauannya di Twitter, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu berkata Tepi Barat adalah daerah Palestina yang diduduki secara ilegal oleh Israel.

"Komentar tak bertanggung jawab Perdana Menteri Netanyahu untuk menggalang dukungan jelang pemilu tak akan mengubah fakta itu," tegas Cavusoglu dilansir AFP Minggu (7/4/2019).

Sementara juru bicara kepresidenan Ibrahim Kalin mengatakan Netanyahu berusaha menggunakan pemilu untuk membenarkan pendudukan di Tepi Barat.

"Jika dia menang, apakah itu berarti kemenangan demokrasi atau pendudukan? Akankah demokrasi Barat bereaksi atau diam saja? Memalukan," sindir Kalin.

Segala bentuk pembangunan permukiman di Tepi Barat merupakan upaya ilegal menurut hukum internasional, dan menjadi penghalang bagi usaha perdamaian dua negara.

Namun, Netanyahu menyatakan dia tidak akan menghapus wacana itu, dan mengaku sudah mendiskusikannya dengan Presiden AS Donald Trump.

"Saya berkata kepada dia tidak boleh ada rencana permukiman yang dihapus dari daerah pendudukan Tepi Barat," kata PM dari Partai Likud itu.

Israel telah menempatkan sekitar 400.000 warga di daerah pendudukan Tepi Barat. Termasuk 200.000 orang Yahudi yang tinggal di Yerusalem Timur.

Adapun terdapat 2,5 juta orang Palestina tinggal di Tepi Barat, dengan negara itu ingin memantapkan wilayah di sana termasuk juga di Jalur Gaza dan Yerusalem Timur.

Washington dikabarkan bakal mengumumkan rencana perdamaian mereka selepas pemilu, dengan Netanyahu berujar dia bisa memprediksi isi di dalamnya.

Selain permukiman, dia meminta agar Israel tetap diperbolehkan menguasai seluruh wilayah barat Sungai Yordan dalam rencana perdamaian AS.

Baca juga: Temui Wapres, MUI Minta Dukungan Pembangunan Rumah Sakit di Tepi Barat Palestina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com