Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berniat Cari Cula Badak, Seorang Pemburu Gelap Malah Dimakan Singa

Kompas.com - 07/04/2019, 17:54 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,ABC

CAPE TOWN, KOMPAS.com - Seorang terduga pemburu gelap dilaporkan hanya tinggal tulang setelah dimakan singa dengan sebelumnya tewas diinjak gajah.

Diwartakan ABC Minggu (7/4/2019), awalnya si pemburu gelap datang ke Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan untuk mendapatkan cula badak.

Baca juga: Berniat Membunuh Badak, 3 Pemburu Gelap Malah Tewas Dimangsa Singa

Penjaga taman nasional mengatakan, keluarga si pemburu menghubungi mereka dan mengaku pria itu memasuki taman pada Selasa lalu (2/4/2019).

Petugas taman nasional pun segera membentuk tim pencari di darat maupun udara pada Rabu (3/4/2019), dan menangkap empat rekan pemburu itu.

Namun karena tidak mempunyai pencahayaan yang cukup, mereka tidak bisa menemukan lokasi si pemburu. Pencarian pun akhirnya diputuskan dihentikan.

Kamis waktu setempat, mereka kembali melakukan pencarian berbekal informasi dari bawahan si pemburu. Mereka pun menemukan "sisa-sisa" si pemburu.

Yakni tengkorak dan sepotong celana yang diyakini adalah milik si pemburu. "Selain itu, sisa tubuh lainnya ditemukan," ujar Taman Nasional Afsel dalam keterangan resmi.

Merunut keterangan si kaki tangan, pemburu itu nampaknya tewas diinjak oleh gajah. Kemudian kawanan singa datang dan memakan jenazah si pemburu.

Direktur eksekutif taman Glenn Phillips memberikan belasungkawa kepada korban seraya memperingatkan agar kejadian itu tidak terulang kembali.

"Memasuki taman secara ilegal apalagi berjalan adalah tindakan tidak bijak. Sangat berbahaya dengan sudah ada korban," ujar Phillips dilansir BBC.

Ini bukan kali pertama pemburu gelap malah berakhir jadi mangsa buruannya di Kruger. Tahun lalu, singa menerkam pria yang hendak berburu.

Singa itu hanya menyisakan kepala dan sejumlah potongan tubuh lain. Selain itu, gajah diketahui juga bertindak agresif jika ada manusia.

Baca juga: Demi Peroleh Gading, Pemburu Gelap Bunuh 90 Ekor Gajah di Botswana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,ABC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com