Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Anggota ISIS Masih Bersembunyi di Gua-gua di Suriah

Kompas.com - 04/04/2019, 15:43 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber The Sun,AFP

BAGHOUZ, KOMPAS.com - Ratusan anggota organisasi teroris ISIS diyakini masih bersembunyi di dalam gua-gua yang berada di Suriah, usai runtuhnya benteng pertahanan terakhir mereka di Baghouz.

Sisa-sisa kelompok ISIS kini masih dalam perburuan oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS, setelah dinyatakan kalah pada 23 Maret lalu.

Juru bicara SDF, Mustefa Bali, mengatakan bahwa pasukan koalisi masih terus melacak sisa-sisa dari kelompok organisasi teroris dan militan lainnya.

"Ada kelompok yang bersembunyi di dalam gua-gua di Suriah yang menghadap ke Baghouz," ujarnya, Selasa (2/4/2019), seperti dilaporkan surat kabar, Asharq Al-Awsat.

Baca juga: Puluhan WNI Ditemukan di Kamp Penampung Mantan Anggota ISIS di Suriah

Pasukan yang didukung AS dan dipimpin Kurdi Suriah telah melancarkan serangan udara dan operasi penyirisan ke tempat-tempat yang diyakini menjadi tempat persembunyian para ekstremis ISIS yang tersisa.

Juru bicara Pasukan Koalisi, Scott Rawlinson mengatakan kepada AFP, pasukan SDF terus melawan kehadiran ISIS baik secara fisik maupun pengaruhnya di Suriah.

Juga berupaya mencegah sumber daya yang memungkinkan kebangkitan kelompok teroris itu.

"Untuk mendukung operasi pembersihan kembali, koalisi akan terus melancarkan bantuan serangan secara teliti dengan tetap berkoordinasi dengan SDF," ujarnya, Senin (1/4/2019).

Kelompok yang mendeklarasikan dirinya pada 2014 lalu itu sempat menguasai hingga sepertiga wilayah di Irak dan Suriah.

Setelah empat tahun, pasukan SDF mengumumkan kejatuhan kekhalifahan, yang menandai berakhirnya operasi serangan terakhir yang dilangsungkan selama satu bulan di Baghouz.

Namun kekalahan kelompok ekstremis di benteng pertahanan terakhir di Suriah tidak serta merta menghapuskan ancaman dari sel-sel tidur ISIS yang terbesar di kedua negara.

Ditambahkan Rawlinson, operasi anti-ISIS saat ini fokus pada upaya "mengikis" kemampuan kelompok teroris itu dalam "bekerja sama dan beregenerasi".

Puluhan serangan udara diklaim telah dilancarkan koalisi sejak akhir bulan lalu dan telah menghantam gua serta wilayah pertanian yang ada di Baghouz.

Dilansir The Sun, para ekstremis ISIS diyakini masih bertahan di gurun Badia di Suriah dan berbagai tempat persembunyian lainnya, serta terus mengklaim serangan mematikan di wilayah-wilayah yang telah dikuasai SDF.

Baca juga: Setelah Dinyatakan Kalah, Anggota ISIS Tembak Mati 7 Tentara SDF

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com