Kompas.com - 04/04/2019, 15:43 WIB

BAGHOUZ, KOMPAS.com - Ratusan anggota organisasi teroris ISIS diyakini masih bersembunyi di dalam gua-gua yang berada di Suriah, usai runtuhnya benteng pertahanan terakhir mereka di Baghouz.

Sisa-sisa kelompok ISIS kini masih dalam perburuan oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS, setelah dinyatakan kalah pada 23 Maret lalu.

Juru bicara SDF, Mustefa Bali, mengatakan bahwa pasukan koalisi masih terus melacak sisa-sisa dari kelompok organisasi teroris dan militan lainnya.

"Ada kelompok yang bersembunyi di dalam gua-gua di Suriah yang menghadap ke Baghouz," ujarnya, Selasa (2/4/2019), seperti dilaporkan surat kabar, Asharq Al-Awsat.

Baca juga: Puluhan WNI Ditemukan di Kamp Penampung Mantan Anggota ISIS di Suriah

Pasukan yang didukung AS dan dipimpin Kurdi Suriah telah melancarkan serangan udara dan operasi penyirisan ke tempat-tempat yang diyakini menjadi tempat persembunyian para ekstremis ISIS yang tersisa.

Juru bicara Pasukan Koalisi, Scott Rawlinson mengatakan kepada AFP, pasukan SDF terus melawan kehadiran ISIS baik secara fisik maupun pengaruhnya di Suriah.

Juga berupaya mencegah sumber daya yang memungkinkan kebangkitan kelompok teroris itu.

"Untuk mendukung operasi pembersihan kembali, koalisi akan terus melancarkan bantuan serangan secara teliti dengan tetap berkoordinasi dengan SDF," ujarnya, Senin (1/4/2019).

Kelompok yang mendeklarasikan dirinya pada 2014 lalu itu sempat menguasai hingga sepertiga wilayah di Irak dan Suriah.

Setelah empat tahun, pasukan SDF mengumumkan kejatuhan kekhalifahan, yang menandai berakhirnya operasi serangan terakhir yang dilangsungkan selama satu bulan di Baghouz.

Halaman:
Sumber The Sun,AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.