Kompas.com - 03/04/2019, 14:42 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan niatnya untuk membina hubungan baik dengan China meski masih ada permasalahan Laut China Selatan.

Menurut Duterte seperti dilansir Russian Today Rabu (3/4/2019), China dan Filipina tidak mempunyai isu yang tidak bisa diselesaikan secara politik.

Baca juga: Jurnalis Pengkritik Duterte Kembali Menghadapi Tuntutan Hukum Baru

Selain itu, presiden yang akrab disapa Digong itu mengatakan dia tidak ingin jika harus berkonfrontasi dengan Beijing dalam skala militer.

Duterte menuturkan jika mereka berperang dengan China, maka Angkatan Laut Filipina bisa porak-poranda hanya dalam hitungan menit.

"Jika saya mendeklarasikan perang melawan China, maka rudal mereka bisa menghantam ibu kota Manila dalam waktu tujuh menit," paparnya.

Dalam pidatonya saat membuka latihan gabungan antara militer Filipina dengan Amerika Serikat (AS), Duterte juga menekankan China berkomitmen berkawan dengan negaranya.

Dalam penilaian presiden berjuluk The Punisher tersebut, China (termasuk juga Rusia) menyanggupi permintaannya untuk mengirim persenjataan.

Berbeda dengan AS yang disebutnya tidak mengirim senjata seperti yang dia butuhkan untuk melawan kelompok ekstremis karena faktor HAM.

"China hanya ingin menjadi teman kami. Mereka memberi kami senjata dan amunisi. Sementara Amerika tidak mengirim apa yang kami butuhkan," katanya.

China yang mendapat tekanan Washington karena memperbesar pengaruh mereka di Laut China Selatan berkata, mereka bakal fokus kepada diplomasi untuk menyelesaikan isu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.