Kompas.com - 01/04/2019, 22:43 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Angkatan Udara India mengirim jet tempurnya untuk mencegat empat pesawat Pakistan yang terdeteksi terbang di dekat perbatasan di wilayah Punjab.

Melansir dari India Today, tidak diketahui apakah jet tempur Pakistan bermaksud memasuki wilayah udara India.

Sejumlah sumber mengatakan bahwa jet Pakistan terbang dengan drone pengintai yang kemungkinan bertujuan mendeteksi penyebaran pasukan India di dekat perbatasan.

Baca juga: Bikin Sampah Angkasa, Aksi India Tembak Satelit Pakai Misil Dikritik

Saat radar pertahanan India mendeteksi pergerakan empat jet tempur F-16 milik Pakistan, Angkatan Udara India langsung mengirimkan jet Sukhoi Su-30 dan Mirage-2000.

Perkembangan pada Minggu (31/3/2019) malam terjadi menyusul ketegangan antara kedua negara yang dipicu serangan teror bom bunuh diri pada 14 Februari di Pulawama dan serangan udara di Balakot pada 26 Februari.

Serangan udara di Balakot diklaim otoritas India menargetkan kamp teror Jaish-e-Mohammed yang berada di provinsi Khyber-Pakhtunkhwa, di Pakistan.

Serangan udara itu diikuti dengan pertempuran udara antara pasukan udara India dengan Pakistan, yang menyebabkan masing-masing jet tempur tertembak jatuh dan pilot India ditahan di Pakistan.

Namun pilot India itu langsung dibebaskan setelah ditahan selama dua hari.

Pembebasan Komandan Sayap Abhinandan Varthaman dianggap telah mendinginkan ketegangan antara India dan Pakistan, meski militer kedua negara tetap dalam posisi siaga hingga saat ini.

Baca juga: Jet Tempur India Jatuh Dekat Perbatasan Pakistan Usai Diserang Burung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.