Kompas.com - 01/04/2019, 18:17 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Penyanyi dan legenda pop Inggris Elton John mengikuti langkah aktor George Clooney yang menyerukan boikot terhadap hotel milik pemerintah Brunei.

Mereka dan sejumlah politisi maupun selebritas lainnya mengecam rencana hukuman mati dengan cara dirajam bagi LGBT dan pelaku zina.

Baca juga: George Clooney Serukan Pemboikotan Hotel Milik Sultan Brunei

Dalam kicauannya di Twitter Sabtu pekan lalu (30/3/2019), dia memuji Clooney dan menyebut Brunei sebagai negara di mana gay dilecehkan.

"Dia mengambil sikap menentang diskriminasi terhadap gay dengan cara memboikot hotel milik Sultan," ujar Elton dikutip AFP via Straits Times Senin (1/4/2019).

Penyanyi yang juga aktivis veteran hak gay berusia 78 tahun itu mengaku, dirinya sedih jika memikirkan nasib karyawan hotel jika terjadi boikot.

"Namun, kami harus mengirimkan sebuah pesan yang kuat sejauh kemampuan kami bahwa tindakan itu (rajam) sangat tidak bisa dibenarkan," katanya.

Sebelumnya pada pekan lalu, Clooney mengatakan dia meminta boikot terhadap sembilan hotel milik Brunei di Inggris, Perancis, Italia, hingga Amerika Serikat (AS).

"Setiap kali kita makan, menginap, maupun menggelar pertemuan, kita membayar kepada orang yang merajam warganya yang gay atau terbukti zina," kata Clooney.

Selain Clooney, terdapat politisi seperti Menteri Pembangunan Internasional Inggris Penny Mordaunt yang menyebut keputusan Brunei barbar.

Kemudian Amnesti Internasional meminta agar pemerintahan Sultan Hasanal Bolkiah itu menangguhkan hukuman mati yang dianggap kejam tersebut.

Negara monarki yang sudah diperintah Sultan Bolkiah selama 51 tahun itu rencananya bakal menerapkan hukuman rajam mulai Rabu pekan ini.

Brunei pertama kali mengumumkan hukuman itu pada 2013 silam. Namun rencana tersebut ditunda lantaran ditentang para pegiat HAM.

Baca juga: PBB: Hukuman Rajam sampai Mati di Brunei Tak Manusiawi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.