Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Penistaan, Buku Harry Potter Dibakar Pastor di Polandia

Kompas.com - 01/04/2019, 17:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WARSAWA, KOMPAS.com - Sejumlah pastor Katolik di Polandia dilaporkan membakar barang-barang yang dianggap sebagai penistaan terhadap agama.

Seperti diwartakan AFP via Channel News Asia Senin (1/4/2019), di antara barang-barang yang dibakar, terdapat buku novel fantasi populer Harry Potter.

Baca juga: Meski Ada Typo, Buku Langka Harry Potter Terjual Rp 1,2 Miliar

"Kami mengikuti Firman Tuhan," kata seorang pastor di Facebook dengan unggahan barang yang dibakar dalam insiden di kota kawasan utara Koszalin.

Saat membakar buku itu, pastor tersebut mengambil ayat Kitab Suci Ulangan yang berasal dari Perjanjian Lama tentang menghancurkan musuh Tuhan, termasuk berhala mereka di dalam api.

Unggahan lain memperlihatkan tiga orang pastor membawa keranjang buku dan barang lain seperti topeng bergaya Afrika dari gereja ke tempat pembakaran.

Kemudian foto lain menunjukkan seorang pastor tengah berdoa di tempat pembakaran yang memperlihatkan payung bergambar Hello Kitty serta patung.

AFP memberitakan, laman Facebook itu milik SMS from Heaven. Sebuah yayasan evangelis yang dibentuk untuk menyebarkan agama lewat pesan pendek.

"Saya berharap ini lelucon. Serius?! Apa mereka membakar literatur abad ke-21 dalam ritual menjijikkan?" tanya seorang warganet di Facebook.

"Sangat sulit bagi saya untuk meyakini bahwa mereka tengah melakukan perbuatan yang begitu terbelakang!" keluh netizen Facebook lainnya.

Pertama kali muncul pada 26 Juni 1997, petualangan penyihir bernama Harry Potter dan dua sahabatnya, Ron Weasley dan Hermione Granger, langsung mendunia.

Dikarang oleh penulis Inggris JK Rowling, novel Harry Potter telah terjual hingga 500 juta kopi di seluruh dunia, dan diterjemahkan dalam 80 bahasa.

Meski begitu, perjuangan Harry Potter mengalahkan penyihir hitam Lord Voldemort itu dikritik karena terlalu fokus kepada ilmu sihir.

Baca juga: Kampus di India Bikin Mata Kuliah Berdasarkan Buku Harry Potter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com