Kompas.com - 01/04/2019, 16:56 WIB
|

BEIJING, KOMPAS.com - Setidaknya 24 orang tewas dalam kebakaran hutan yang terjadi di daerah terpencil di wilayah barat daya China pada akhir pekan lalu.

Media setempat, Senin (1/4/2019) mengabarkan, setidaknya 1.500 personel pemadam kebakaran dikirim untuk menanggulangi kebakaran tersebut.

Kebakaran itu terjadi di kawasan bergunung yang terpencil dengan ketinggian sekitar 3.800 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: Picu Kebakaran Hutan Seluas 5.200 Hektare, Pria Ini Dipenjara 12 Tahun

Menurut sebuah harian yang berafiliasi dengan militer China, pemerintah berhasil menghubungi dua personel pemadam kebakaran yang membenarkan terdapat 24 orang korban tewas akibat kebakaran itu.

Kementerian Manajemen Kedaruratan mengatakan, kebakaran berawal di wilayah Qingyuan, provinsi Shaanxi pada Jumat (29/3/2019) sekitar pukul 13.30 waktu setempat.

Api dengan cepat menyebar karena embusan angin yang kencang dan pada Minggu (31/3/2019) sekitar pukul 16.000 sudah hampir 3.000 hektar hutan terbakar.

Komando lapangan pemadaman api mengatakan, personel pemadam kebakaran berhasil mengurangi titik api dari 75 menjadi 23 setelah berjuang selama satu hari.

Sementara itu, sebanyak 3.800 orang warga dievakuasi ke lokasi yang lebih aman.

Selain itu, pemerintah juga memerintahkan berbagai perusahaan yang menyimpan material mudah terbakar agar memindahkannya ke tempat lain.

Masalah terbesar yang dihadapi pasukan pemadam kebakaran adalah angin kencang yang kerap berubah arah.

Baca juga: 200 Narapidana Dikerahkan Bantu Padamkan Kebakaran Hutan California

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.