Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal-usulnya Tak Jelas, Ini Sejumlah Teori soal Kehadiran April Mop

Kompas.com - 01/04/2019, 15:22 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Masyarakat dari berbagai belahan dunia memiliki kebiasaan khusus setiap tanggal 1 April, yaitu April Mop atau April Fools' Day.

Biasanya, April Mop dimanfaatkan banyak orang untuk melakukan kebohongan kepada orang-orang dekat untuk menciptakan lelucon.

Meski banyak diikuti dan berlangsung setiap tahun, hingga saat ini belum dapat dipastikan dari mana budaya ini muncul dan siapa pencetusnya.

Akan tetapi, terdapat beberapa teori yang diduga melatarbelakangi munculnya April Mop. Berikut paparannya:

Puisi lawas Inggris

Dikutip dari BBC, teori pertama menyebabkan munculnya April Mop adalah seorang pembuat puisi asal Inggris bernama Goeffrey Chaucer pada abad ke-14.

Dalam puisinya, Chaucer menulis lelucon yang dilakukan oleh seekor rubah kepada seekor ayam jantan di hutan. Rubah pura-pura hampir menggigit dan menelan si ayam, namun itu hanya sebuah permainan, ia tidak benar-benar memakannya.

Dalam puisi itu memang tidak ada keterangan spesifik yang menyebut tanggal 1 April. Namun, ia menulis keterangan 32 hari setelah Maret dimulai "syn March began".

Namun, bagi mereka yang tidak mempercayai puisi itu, mereka hanya menyebut Chaucer menggunakan kata-kata kiasan agar orang-orang menyukai puisinya.

Baca juga: Mengenang Sejarah April Mop yang Misterius

Musim ikan di Eropa

April Mop di Eropa juga disebut sebagai April Fishing DayShutterstock.com April Mop di Eropa juga disebut sebagai April Fishing Day

Menurut sejarawan dari University of Bristol, Andrea Livesey, April Mop mengacu pada banyaknya ikan di saluran dan sungai-sungai di Perancis sekitar 1 April.

Saking banyaknya, ikan ini begitu mudah ditangkap atau terkelabui oleh umpan yang mereka beri. Ikan-ikan yang mudah ditangkap inilah yang mengawali sejarah April Mop di daratan Eropa.

Oleh karena cerita ini, April Mop di daratan Eropa juga dikenal sebagai "April Fish Day".

Untuk menyemarakkannya, masyarakat setempat banyak yang menempelkan kertas berbentuk ikan ke punggung temannya. Cara lain, mereka akan memberikan coklat berbentuk ikan kepada orang-orang terdekatnya di tanggal ini.

Baca juga: Kompilasi Lelucon April Mop 2014

Peralihan kalender

Mengutip USA Today, terdapat teori lain yang menjadi titik mula budaya April Mop, yakni peralihan kalender Julian ke kalender Gregorian pada abad ke-16.

Pada kalender Julian, pergantian tahun diperingati setiap 25 Maret dan dirayakan pada hari pertama di bulan selanjutnya, 1 April.

Halaman:
Baca tentang



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com