Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir: Saya Kerja Cepat karena Saya Sadar Hidup Saya Tak Lama Lagi

Kompas.com - 30/03/2019, 19:03 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan, dia bekerja dengan cepat karena sadar hidupnya tidak lama lagi.

Berusia 93 tahun, Mahathir mengaku dia beruntung masih terus diberi kesehatan, dan berkata seharusnya tidak terlibat lagi dalam dunia politik.

Baca juga: Mahathir: Jet Tempur Kami Mungkin Tua, tapi Masih Berfungsi

"Namun sekali lagi, saya bersyukur karena saya tidak hanya diizinkan hidup, namun juga diperbolehkan berkarya," kata Mahathir dikutip The Star via Straits Times Sabtu (30/3/2019).

Meski begitu, perdana menteri yang dijuluki Dr M itu menyadari, suatu saat dirinya bakal melemah karena usianya yang sudah kepala sembilan, dan mati.

"Karena itu, saya bekerja terburu-buru karena saya sadar tak punya banyak waktu untuk berbuat sesuatu bagi negara ini," tutur Mahathir dalam wawancara dengan Focus Malaysia.

Mahathir melanjutkan, dia bakal berbuat maksimal bagi negara selama dia masih menjadi perdana menteri, dan mengatakan dia hanyalah PM sementara.

"Saya hanya diberi tahu seseorang akan menggantikan saya. Namun mereka tidak menyebut kapan. Saya kira itu terjadi sebelum pemilu berikutnya," paparnya.

Mahathir merujuk kepada kesepakatan koalisi Pakatan Harapan yang secara mengejutkan menumbangkan koalisi penguasa Barisan Nasional pada Mei 2018.

Dalam kesepakatan tersebut, Mahathir hanya akan menjabat selama dua tahun sebelum diserahkan kepada Anwar Ibrahim yang pernah menjadi wakilnya pada 1993-1998.

Dalam wawancara terpisah dengan Reuters pekan ini, Mahathir menyatakan dia bakal meletakkan jabatan jika waktunya telah tiba. "Namun tak tahu kapan," bebernya.

Dia juga membantah terkait rumor bakal melakukan reshuffle kabinet, meski mengakui adalah tantangan sangat besar mengurus negara dengan menteri yang belum berpengalaman.

PM yang pernah berkuasa pada 1981 sampai 2003 itu menegaskan bakal bekerja hingga jabatannya habis bersama para menteri yang dia pilih sendiri.

Dia menjelaskan ada sejumlah menteri yang mulai menunjukkan potensi. "Jika saya memutuskan mengganti mereka, itu tidak benar," tuturnya.

Baca juga: Mahathir Kecewa dengan Komentar dari Putri Anwar Ibrahim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com