Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Korut, Trump dan Moon Akan Bertemu di Gedung Putih Bulan Depan

Kompas.com - 29/03/2019, 16:23 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Fox News,AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan akan menjamu mitranya dari Korea Selatan, Moon Jae-in di Gedung Putih, bulan April mendatang.

Dalam pertemuan tersebut kedua pemimpin negara diharapkan bakal membahas mengenai Korea Utara, pascapertemuan yang gagal antara Trump dengan Kim Jong Un di Hanoi, Vietnam, bulan lalu.

Menurut pernyataan Gedung Putih, Kamis (28/3/2019), Presiden Moon akan berkunjung bersama istrinya Kim Jung-sook ke Gedung Kepresidenan AS, pada 10-11 April mendatang.

"Pertemuan akan membahas tentang perkembangan berkaitan dengan Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), selain juga persoalan bilateral lainnya," tulis pernyataan Gedung Putih, dikutip Fox News.

Baca juga: Dinilai Salah Ucapkan Salam ke PM Malaysia, Presiden Korsel Dikritik

"Aliansi Amerika Serikat dan Republik Korea tetap menjadi kunci utama perdamaian dan keamanan di Semenanjung Korea dan di kawasan itu," lanjut pernyataan Gedung Putih, menggunakan nama resmi Korea Selatan.

Rencana kunjungan Moon ke Washington juga telah dikonfirmasi juru bicara Gedung Biru, yang menyebut tanggal 11 April dan rencana perjalanan yang akan berlangsung selama dua hari.

"Kedua pemimpin akan melakukan pembicaraan mendalam... untuk mengkoordinasikan sikap tentang perdamaian di Semenanjung Korea melalui denuklirisasi lengkap," ujar sekretaris senior kepresidenan Korsel, Yoon Do-han, Jumat (29/3/2019).

Presiden Moon telah lama mendukung keterlibatan Pyongyang dan berperan penting dalam menjadi penengah antara Trump dengan Kim Jong Un.

Namun pertemuan puncak kedua Trump dan Kim Jong Un di Hanoi yang tanpa kesepakatan telah membawa dampak terhadap masa depan proses perdamaian dan denuklirisasi.

Sementara di Seoul, upaya Moon yang terlalu aktif dalam hubungan AS dengan Korea Utara telah menuai kecaman dari pada politisi sayap kanan Korsel yang melihat Moon seperti juru bicara untuk Kim Jong Un.

Sedangkan di Washington, pertemuan di Hanoi yang tanpa kesepakatan justru mendapat pujian anggota Partai Republik, yang sempat khawatir Trump akan mengambil keputusan secara terburu-buru terhadap Korea Utara.

Baca juga: Korsel Turut Pantau Aktivitas Peluncuran Rudal dan Roket Pyongyang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com