Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Menarik Coca-Cola, dari Mitos Sinterklas hingga Tudingan Diskriminasi Rasial

Kompas.com - 29/03/2019, 15:47 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Coca-Cola merupakan minuman bersoda yang tercipta melalui eksperimen yang tak disengaja. Sampai saat ini, Cola-Cola menjadi salah satu minuman bersoda terpopuler di dunia.

Dengan berbagai cara promosi dan pemasaran, Coca-Cola menarik peminatnya sendiri. Bahkan, tiap negara punya cara unik dalam memasarkan produk minuman ini setelah perusahaan di negara itu mendapat lisensi khusus dari perusahaan induk.

Hari ini 133 tahun yang lalu, tepatnya pada 29 Maret 1886, apoteker Amerika Serikat bernama John Stith Pemberton mengembangkan resep minuman yang kini dikenal sebagai Coca-Cola.

Apa saja fakta menarik tentang Coca-Cola? Berikut paparannya:

1. Konsep awal untuk obat

Coca-Cola tercipta karena tak sengaja. Ini berawal seorang apoteker bernama John Pemberton mencoba menemukan obat sakit kepala.

Dia membuat sirup yang dibuat dari ekstrak anggur dan koka yang ia sebut "Pemberton French Wine Coca". Formula itu mengandung ekstrak dari daun koka meski dalam jumlah yang terbatas.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: John Pemberton, Penemu Minuman Coca-Cola

Pada akhirnya, penggunaan daun koka dihilangkan sepenuhnya. Pemberton's French Wine Coca diluncurkan di Atlanta pada 1885. Minuman ini berguna untuk mengatasi sakit kepala, kecanduan morfin, membantu mental, dan obat penguat saraf.

Pemberton's French Wine Coca berkembang menjadi Coca-Cola setelah munculnya larangan alkohol beredar di Atlanta pada 1886.

Namun, pada akhirnya, aturan itu hanya diimplementasikan selama satu tahun. Khawatir produk barunya akan segera dilarang, Pemberton melakukan eksperimen baru di rumahnya di Atlanta.

2. Tangan apoteker dan militer

John Pemberton, penemu Coca-Cola. (Wikipedia) John Pemberton, penemu Coca-Cola. (Wikipedia)
Formula Cola-Cola lahir dari tangan seorang apoteker bernama John Pemberton. Dia lahir pada 8 Juli 1831 di Knoxville, Georgia. Pemberton menghabiskan banyak masa kecilnya di kaki bukit Appalachia, Georgia, Amerika Serikat.

Pada tempat itulah, ia berhasil menyelesaikan sekolah farmasi. Dia juga mendapat pelatihan sebagai seorang steam doctor yang merupakan istilah perawatan medis dengan herbal dan mandi uap.

Berawal dari sinilah, ia membuka bisnis obat-obatan. Ketika perang saudara bergejolak, ia ikut andil menjadi tentara dan berperang, bahkan mendapatkan luka serius.

Sebagai seorang ahli farmasi, ia akhirnya berusaha membuat obat untuk mengobati penyakitnya. Salah satunya "Pemberton's French Wine Coca". Formula inilah yang nantinya berubah menjadi minuman Coca-Cola.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Minuman Cikal Bakal Coca-Cola Diperkenalkan..

Namun, dia tidak pernah meraup keuntungan dari penemuannya itu dan terpaksa menjual dua pertiga saham perusahaan kepada investor lain.

3. Kemasan botol pertama

Perubahan botol Coca-ColaHistory Perubahan botol Coca-Cola

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com