Kompas.com - 28/03/2019, 12:10 WIB

KOMPAS.com - Keberhasilan Orville dan Wilbur Wright atau Wright Bersaudara dalam menerbangkan pesawat merevolusi sistem transportasi. Kehadiran pesawat mampu membuat manusia menempuh jarak jauh dalam waktu singkat.

Namun, muncul tantangan lain, salah satunya adalah bagaimana caranya agar pesawat dapat menempuh beragam medan sulit. Pesawat kemudian didesain agar dapat lepas landas dan mendarat di atas air.

Perancis menjadi saksi penerbangan bersejarah itu. Hari ini 109 tahun lalu, tepatnya pada 28 Maret 1910, pesawat amfibi pertama berhasil lepas landas dari dan mendarat di atas air.

Dilansir dari Wired, pesawat amfibi bernama "Fabre Hydravion" dikendarai oleh Henri Fabre. Dia terbang di Marseilles, Perancis dan menempuh jarak paling jauh sekitar 5,6 kilometer.

Keberhasilan yang dilakukan Henri Fabre menjadi catatan rekor penerbangan, terutama terkait metode lepas landas dan mendaratkan pesawat.

Fabre juga menjadi inspirasi bagi dunia aviasi. Teknologi dan desain pesawatnya juga dipelajari dan menjadi inspirasi bagi pengembangan pesawat di masa depan.

Baca juga: 18 Januari 1911, Pesawat Lepas Landas dan Mendarat di Kapal Laut Kali Pertama

Tak selalu berhasil

Sebelum Wright Bersaudara berhasil menerbangkan pesawatnya, orang Perancis sudah mencoba membuat pesawat terbang yang dilengkapi dengan lambung kapal. Ini diperlukan agar pesawat bisa terbang dari atas air.

Pada 1876, Alphonse Penaud mengajukan paten untuk pesawat amfibi yang dapat terbang dari air. Namun, penemu Austria, Wilhelm Kress tercatat sebagai orang yang berupaya menciptakan pesawat amfibi pertama dengan membuat Drachenflieger.

Sayangnya, kedua orang itu gagal dalam upaya menerbangkan pesawatnya.

Pada 6 Juni 1905, Gabriel Voisin mencoba terbang dan mendarat dari Sungai Seine, Perancis. Hasilnya sama, pesawat itu tak bisa terbang dan mendarat dengan mulus.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.