Kompas.com - 26/03/2019, 19:41 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Sebuah lukisan karya seniman ternama Pablo Picasso yang dicuri pada 20 tahun lalu kini berhasil ditemukan.

Seorang pria Belanda berjuluk "Indiana Jones of the world", Arthur Brand, merupakan sosok di balik penemuan lukisan tersebut.

Brand mengatakan, lukisan Buste de Femme (Dora Maar) telah beredar di dunia kriminal Belanda selama bertahun-tahun, setelah diambil dari kapal pesiar e Sheikh Abdul Mohsen Abdulmalik Al-Sheikh dari Arab Saudi pada 1999.

Dora Maar merupakan kekasih dan inspirasi Picasso selama 7 tahun. Lukisan tersebut digantung di rumahnya hingga kematiannya pada 1973.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Pablo Picasso, Pelukis Revolusioner

Melansir dari AFP, Selasa (26/3/2019), Brand telah menyerahkan kembali mahakarya yang dibuat pada 1938 kepada perusahaan asuransi awal bulan ini.

Selama dua dekade sejak dicuri, tidak ada petunjuk tentang keberadaan lukisan tersebut.

Kepolisian Perancis pun dibuat bingung sehingga banyak pihak yang cemas apabila lukisan itu bakal hilang selamanya.

Jejaknya muncul pada empat tahun lalu yang mengarah pada dunia kriminal Belanda, hingga akhirnya dua perantara kemudian muncul dengan membawa lukisan yang hilang itu kepada Brand.

"Mereka membawa Picasso, yang sekarang bernilai 25 juta euro (Rp 400 miliar), terbungkus lembaran dan kantong sampah hitam," ujarnya.

Brand sebelumnya pernah menjadi utama pada tahun lalu karena berhasil menemukan mosaik berusia 1.600 tahun yang dicuri ke Siprus.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.