Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Kembali Tempatkan Staf ke Kantor Penghubung di Kaesong

Kompas.com - 25/03/2019, 17:15 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Sempat secara mendadak menarik stafnya dari kantor penghubung antar-Korea, Pyongyang tiba-tiba memutuskan kembali menempatkan perwakilannya di fasilitas bersama yang berada di Kaesong tersebut, Senin (25/3/2019).

Korea Utara sebelumnya telah menarik para stafnya dari kantor penghubung di Kaesong, pada Jumat (22/3/2019), tanpa menyebutkan alasannya, selain mengatakan bahwa hal itu perintah otoritas tertinggi.

Namun selang beberapa hari, Pyongyang, tampak kembali menempatkan stafnya ke Kaesong, seolah tidak pernah terjadi apa-apa.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan, Senin (25/3/2019), beberapa staf Korea Utara telah kembali bekerja "seperti biasa".

Baca juga: Korut Tarik Staf dari Kantor Penghubung atas Perintah Otoritas Tertinggi

"Dengan demikian, Korea Selatan dan Korea Utara mengadakan konsultasi di kantor penghubung pagi ini dan akan terus menjalankan kantor itu seperti biasa," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, dikutip AFP.

Pernyataan kementerian juga tidak menyertakan alasan penarikan maupun penempatan kembali perwakilan Korea Utara ke kantor tersebut.

Namun para pakar berspekulasi bahwa penarikan staf Korut dari Kaesong berkaitan dengan hasil pertemuan puncak kedua antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un di Hanoi, Vietnam, yang tidak berakhir sesuai harapan.

Sementara penempatan kembali dilakukan setelah twit Presiden Trump akhir pekan lalu yang mengatakan akan memerintahkan penarikan sanksi tambahan terhadap Pyongyang oleh Departemen Keuangan AS.

Kantor penghubung antar-Korea itu mulai dibuka pada September lalu sebagai cara untuk membangun interaksi penuh waktu dari orang-ke-orang antara kedua Korea.

Kantor tersebut dibentuk setelah mencairnya ketegangan antara kedua Korea melalui pertemuan puncak antara Kim Jong Un dengan Presiden Kores Selatan Moon Jae-in tahun lalu.

Baca juga: Twit Trump soal Sanksi Korut Bikin Bingung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com