Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Teka-teki Keberaaan Pemimpin ISIS | 1.300 Penumpang Kapal Pesiar Diangkut Helikopter

Kompas.com - 25/03/2019, 05:08 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Negsra Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah dinyatakan kalah pada Sabtu pekan lalu (23/3/2019) setelah benteng terakhir mereka di Baghouz direbut.

Teka-teki pun kini bergulir mengenai nasib pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi, yang tak terlihat sejak mendeklarasikan "kekhalifahan" pada 2014.

Dari Norwegia, sebanyak 1.300 penumpang kapal pesiar harus dievakuasi dengan helikopter karena kendala teknis yang terjadi.

Dua artikel itu masuk ke dalam empat kabar populer internasional untuk membuka pekan Anda pada Minggu (24/3/2019) hingga Senin pagi (25/3/2019).

1. ISIS Dinyatakan Kalah, ke Mana Perginya Pemimpin Mereka?
Momentum tercipta di Baghouz, desa kawasan timur Suriah yang berbatasan dengan Irak, ketika Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS) dinyatakan kalah.

Kemenangan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) merebut desa yang menjadi benteng terakhir ISIS menandai berakhirnya operasi intensif sejak 9 Februari.

Kini dengan kekalahan ISIS itu teka-teki pun menggelayut. Bagaimanakah nasib dan ke mana perginya pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi?

Sekarang setelah wilayahnya terhapus dan kepalanya dihargai 25 juta dollar AS, sekitar Rp 354,1 miliar, ke manakah perginya Baghdadi?

Penjelasan mengenai dugaan di mana dia berada bisa Anda simak di sini.

2. Terjebak Badai, 1.300 Penumpang Kapal Pesiar Diangkut Pakai Helikopter
Tim penyelamat harus bekerja keras di sepanjang Sabtu (23/3/2019) malam untuk menyelamatkan 1.300 penumpang dan kru sebuah kapal pesiar yang terjebak cuaca buruk di lepas pantai Norwegia.

Mesin kapal pesiar Viking Sky masti pada Sabtu siang dan mulai hanyut sejauh dua kilometer membuat kapten kapal langsung membuat panggilan darurat.

Kru kapal berhasil menyalakan satu mesin dan menjatuhkan jangkar. Namun, pemerintah Norwegia menyimpulkan terlalu berisiko membiarkan para penumpang tetap berada di kapal itu.

Bagaimana ulasan lengkap proses evakuasi penumpang Viking Sky itu, Anda bisa membacanya melalui tautan ini.

3. Ribuan Anggota ISIS dari 54 Negara yang Ditahan SDF Kini Bak "Bom Waktu"
Pasukan Demokratik Suriah ( SDF) memperingatkan terlepas dari benteng terakhir ISIS yang telah ditaklukan, ribuan anggotanya yang berasal dari negara asing bak bom waktu yang harus segera "dijinakkan" oleh dunia.

Diwartakan kantor berita AFP, para pemimpin dunia memang dengan segera menyambut pengumuman ISIS sudah dikalahkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com