Kompas.com - 23/03/2019, 21:54 WIB

BAGHOUZ, KOMPAS.com - Kemenangan atas Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), dibuktikan dengan merebut benteng terakhir di Baghouz, telah dideklarasikan.

Namun, bukan berarti tugas Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang sudah melancarkan serangan pamungkas sejak September 2018 usai.

Baca juga: Baghouz, Desa di Mana Bendera Terakhir ISIS Diturunkan

Justru, menurut Komandan Tertinggi SDF Mazloum Kobane sebagaimana diberitakan AFP Sabtu (23/3/2019), mereka baru memasuki fase operasi kedua.

Berbicara dalam upacara di ladang minyak Al Omar yang menjadi markas SDF, Kobane berkata pihaknya kini bakal mengincar sleeper cell, atau sel tidur teroris.

Mereka bakal fokus menargetkan sel tidur di sejumlah titik yang pernah dikuasai ISIS, dan berupaya mengurangi ancaman baik di kawasan maupun dunia.

"Kami mengumumkan kepada publik dunia bahwa kami bakal segera memulai fase baru melawan kelompok teroris tersebut," ujar Kobane dalam pidatonya.

Kobane meminta agar koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) tetap memberikan bantuan dalam menumpas secara total kelompok ekstremis itu.

Utusan koalisi William Roebuck yang mendapat kesempatan berbicara setelah Kobane juga mengamini pernyataan komandan tertinggi itu.

"Saya sepakat bahwa kami masih mempunyai setumpuk pekerjaan yang harus segera diselesaikan untuk mempertahankan kemenangan atas ISIS," tegas Roebuck.

Komentar senada juga datang dari John Spencer, peneliti Institut Perang Modern di West Point yang menjelaskan kampanye melawan ISIS masih jauh dari kata usai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.