Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Usia 1,5 Tahun Diselamatkan Usai Terjebak 48 Jam Dalam Sumur Bor

Kompas.com - 22/03/2019, 22:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber NDTV

HISAR, KOMPAS.com - Seorang bayi berusia 1,5 tahun berhasil diselamatkan setelah sempat terjebak di dalam sebuah sumur bor selama sekitar 48 jam, Jumat (22/3/2019).

Bocah bernama Nadim itu terjadi ke dalam sumur bor sedalam 18 meter saat bermain di dekat rumahnya di desa Balsamand, distrik Hisar, negara bagian Haryana, India, pada Rabu (20/3/2019).

"Anak itu telah dapat dikeluarkan dari dalam sumur setelah operasi penyelamatan besar-besaran. Anak itu tampak dalam keadaan aman dan sudah dibawa menggunakan ambulans ke rumah sakit," kata Wakil Pengawas Polisi Hisar, Joginder Singh, dikutip NDTV.

Operasi penyelamatan berlangsung hingga hampir 48 jam untuk menyelamatkan anak itu yang terjatuh ke dalam sumur pada Rabu malam.

Baca juga: Petugas Bohongi Bocah yang Terjebak di Reruntuhan agar Mau Diselamatkan

Menggunakan kamera dengan penglihatan malam, gerakan dan kondisi anak itu dipantau dari luar sumur.

Tim ahli dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF) bersama dengan Angkatan Darat dikerahkan untuk membantu operasi penyelamatan yang dilakukan otoritas sipil dan kepolisian.

Upaya penyelamatan diawali dengan penggalian menggunakan alat berat untuk menggali sumur paralel sekitar enam meter dari lubang sumur bor, dilanjutkan dengan membuat terowongan ke titik bayi itu terjebak.

Setelah dapat mencapai dekat dengan titik anak itu terjebak, penggalian dilakukan secara manual demi memastikan tidak ada tanah yang jatuh di atas bayi itu.

Selama proses penggalian, tabung oksigen diturunkan untuk membantu bayi itu bernapas. Selain itu jus dan biskuit juga dikirimkan untuk bayi itu.

Nadim dilaporkan terjatuh ke dalam lubang sumur bor saat hendak memetik buah bersama beberapa temannya.

Sang ayah yang bekerja sebagai buruh segera melapor kepada kepolisian setelah mengetahui putranya terperosok ke dalam lubang sumur.

Wakil Komisaris Polisi Distrik Hisar, Ashok Kumar Meena, menegaskan ada sanksi hukum kepada warga yang menggali lubang sumur tanpa izin dari departemen terkait.

Selain itu, survei akan dilakukan di distrik itu untuk mencari tahu ada tidaknya sumur bor lain yang dibiarkan terbuka dan berisiko menimbulkan insiden serupa.

Baca juga: Anak-anak Terjebak pada Bangunan Sekolah Ilegal yang Ambruk di Nigeria

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com