Kompas.com - 22/03/2019, 12:48 WIB

ABU DHABI, KOMPAS.com - Putra Mahkota Abu Dhabi di Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan mengusulkan pengaturan operasi pembunuhan yang menargetkan para pemimpin utama Taliban.

Usulan tersebut disampaikan Zayed ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada 12 Januari lalu,

Demikian laporan eksklusif Middle East Eye pada Kamis (21/3/2019).

Baca juga: Puluhan Tentara Afghanistan Menyerah kepada Taliban dan Berupaya Kabur

Zayed mengajukan tawaran itu kepada Pompeo di tengah ketidaksepakatan keduanya terkait kemajuan pembicaraan damai antara AS dan Taliban.

Menurut seornag sumber, Zayed mengatakan kepada Pompeo bahwa AS mengambi risiko dengan membiarkan Afghanistan kembali jatuh ke tangan orang-orang jahat.

Kemudian, dia mengusulkan agar menyewa tentara bayaran guna membunuh para pemimpin Taliban. Dengan begitu dapat melemahkan posisi kelompok tersebut dalam negosiasi. Pompeo tampak terkejut dengan usulan itu, namun dia tidak memberikan tanggapan.

Operasi pembunuhan tersebut digambarkan sebagai operasi "gaya Blackwater".

Blackwater merupakan perusahaan keamanan swasta yang didirikan Eric Prince dan disewa CIA pada 2004 untuk menjalankan operasi rahasia untuk mendeteksi dan membunuh Al-Qaeda.

Para pejabat AS mengakui keberadaan program itu pada 2009, tapi mengklaim tidak ada operasi yang pernah dilakukan.

Blackwater mendapat ketenaran atas kegiatannya di Irak karena sejumlah pasukannya menembaki warga sipil tak bersenjata di Baghdad pada 2007, menewaskan 14 orang dan melukai 17 lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.