Kompas.com - 22/03/2019, 12:15 WIB

MOSUL, KOMPAS.com - Sejumlah keluarga di Irak berbondong-bondong untuk merayakan Tahun Baru Kurdi.

Setelah ISIS dikalahkan, mereka memulai kembali perayaan tahunan di tepi Sungai Tigris. Namun, perasaan bahagia yang dibawa justru berakhir dengan kepedihan.

Kapal feri yang membawa mereka justru terbalik karena kelebihan penumpang pada Kamis (21/3/2019).

Baca juga: Kapal Terbalik di Irak karena Kelebihan Penumpang, 54 Orang Tewas

Diwartakan kantor berita AFP, jumlah korban tewas bertambah menjadi 94 orang. Kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. Sementara itu, sebanyak 55 orang dapat diselamatkan.

Perdana Menteri Adel Abdel Mahdi menerbitkan tiga hari berkabung nasional saat mengunjungi lokasi tragedi itu.Dia meminta investigasi secepatnya untuk memastikan siapa yang bertanggung jawab.

Kapal awalnya dipenuhi dengan pria, perempuan, dan anak-anak yang menyeberangi Tigris menuju tempat piknik populer untuk merayakan Nowruz atau Tahun Baru Kurdi.

Nowruz menjadi hari libur di Irak yang sekaligus menandai awal musim semi.

"Ini bencana, tidak ada yang mengharapkan itu," kata seorang pemuda yang baru saja berhasil lolos dari maut dan mencapai pantai.

"Ada banyak orang di kapal, terutama wanita dan anak-anak," ucapnya.

Salah satu sumber keamanan Mosul menyebutkan, permukaan air saat itu sedang tinggi sementara kapal penuh sesak karena ada lebih dari 100 penumpang di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.