Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Akui Kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan

Kompas.com - 22/03/2019, 07:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali membuat pernyataan yang kontroversial. Kali ini dengan mengakui kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan.

Israel menduduki wilayah di Dataran Tinggi Golan, bersama dengan kawasan Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza dalam Perang Enam Hari 1967.

Tindakan mencaplok kawasan Dataran Tinggi Golan dan Yerusalem Timur ini telah menjadi gerakan yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional hingga saat ini.

Setelah mengumumkan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada 2017 lalu, kali ini Trump mengumumkan mengakui kedaulatan negara itu di Dataran Tinggi Golan.

Baca juga: Netanyahu: Dataran Tinggi Golan Milik Israel Selamanya

"Setelah 52 tahun, sudah waktunya bagi Amerika Serikat untuk sepenuhnya mengakui Kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan," tulis Trump dalam twitnya, Kamis (21/3/2019).

Trump menyebut Golan sebagai kawasan yang sangat strategis dan penting bagi keamanan Israel maupun stabilitas regional.

Pernyataan Trump tersebut datang di tengah masa menjelang pemilihan umum di Israel, menjadikannya seperti hadiah bagi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Netanyahu yang diyakini bakal menghadapi persaingan ketat dalam pemilu Israel, langsung menyambut positif pernyataan Trump.

"Saat Iran berupaya memanfaatkan Suriah sebagai platform untuk menghancurkan Israel, Presiden Trump dengan berani mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan," tulis Netanyahu di Twitter.

"Terima kasih, Presiden Trump!" tambahnya.

Sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS juga telah mengisyaratkan bakal mengakui kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan, setelah pekan lalu, dalam laporannya tak lagi menyebut daerah itu sebagai "diduduki", berganti menjadi "dikuasai".

Saat ini, ada sekitar 20.000 pemukim Israel yang tinggal di Golan, yang menghadap ke wilayah Suriah.

Baca juga: Uni Eropa Tak Akui Kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com