Kompas.com - 21/03/2019, 16:56 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Keputusan Selandia Baru melarang penjualan senapan serbu dan semi-otomatis pasca-penembakan di Christchurch pekan lalu diapresiasi Senator Amerika Serikat (AS).

Perdana Menteri Jacinda Ardern dalam konferensi pers Kamis (21/3/2019) menyatakan pemerintah bakal memblokir peredaran seluruh senjata bergaya militer (MSSA).

Senator dari Partai Demokrat Bernie Sanders sangat memuji langkah itu, dan mengatakan seharusnya Washington juga bisa melakukan yang sama.

Baca juga: Selandia Baru Segera Larang Penjualan Senapan Serbu dan Semi-otomatis

"Kami harus mengikuti langkah Selandia Baru. Mereka melakukan langkah nyata mencegah kekerasan bersenjata," kata Sanders dikutip AFP.

Senator berusia 77 tahun itu menuturkan Organisasi Senjata Nasional AS (NRA) harus melakukan langkah melarang penjualan dan distribusi senjata di seluruh negeri.

Sementara anggota DPR AS Alexandria Ocasio-Cortez menyoroti penembakan SD Sandy Hook di Connecticut pada 2012 yang menewaskan 20 orang murid maupun staf sekolah.

"Insiden Sandy Hook terjadi enam tahun lalu. Namun kami bahkan tak bisa menggelar voting di Senat terkait pemeriksaan latar belakang," keluh Ocasio-Cortez.

Sementara penembakan di Christchurch, kata Ocasio-Cortez, yang menewaskan 50 jemaah Masjid Al Noor dan Linwood terjadi pada Jumat pekan lalu (15/3/2019).

Namun tidak sampai sepekan, pemerintahan Negeri "Kiwi" tersebut langsung menggulirkan undang-undang pelarangan senjata yang segera disepakati.

"Kepemimpinan seperti inilah yang seharusnya kami tiru," puji Ocasio-Cortez. Presiden Donald Trump masih belum mengeluarkan tanggapan atas seruan Sanders dan Ocasio-Cortez.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.