Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menentang Wajib Vaksin Cacar Air, Politisi Ini Malah Kena Cacar Air

Kompas.com - 20/03/2019, 16:11 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Hukum karma mungkin memang benar ada. Setidaknya, mungkin hal itu ada di benak  Massimiliano Fedriga, gubernur wilayah Friuli-Venezia Giulia di Italia.

Fedriga selama ini menentang rencana pemerintah Italia mewajibkan setiap anak di negeri itu mendapatkan vaksinasi cacar.

Uniknya, pekan lalu Fedriga mengaku, dia sempat dirawat di rumah sakit akibat terkena cacar air. Pengakuan ini membuat Fedriga menjadi bahan olok-olok netizen di media sosial.

Baca juga: Di Italia, Anak-anak yang Tidak Diimunisasi Ditolak dari Sekolah

Sebelumnya, politisi sayap kanan dari Partai La Liga ini mengkritik dekrit Lorenzin yang memwajibkan pemberian vaksin cacar air pada 2017.

Fedriga menyebut dekrit itu sebagai "Stalinis". Dia mengatakan, pemerintah seharusnya bekerja sama dengan keluarga-keluarga untuk meyakinkan mereka memberikan vaksinasi 12 penyakit untuk anak-anak mereka, termasuk cacar air.

Meski mendukung vaksinasi sukarela, Fedriga sudah terlanjut dicap sebagai sosok "anti-vaksin" dan para netizen menyebut dia mendapatkan ganjaran karena menentang kemajuan sains.

 

Meski anak-anak Fedriga semua telah mendapatkan vaksinasi, dan vaksinasi cacar air belum ada di masa kanak-kanak sang politisi, tetap saja kondisi Fedriga menjadi bahan olok-olok netizen.

Fedriga diizinkan pulang dari rumah sakit pada Senin (18/3/2019) dan dia menyatakan terima kasih kepada semua yang mendoakan kesembuhannya.

Salah satu yang mendapatkan ucapan terima kasih adalah Roberto Burioni, seorang pengacara yang mendukung kewajiban vaksinasi cacar air.

Baca juga: Kisah Pemberontakan Remaja AS kepada Sang Ibu karena Tak Diberi Vaksin

Kebijakan wajib vaksinasi diadopsi Italia setelah terjadi sebuah wabah cacar air.

Menurut kebijakan ini, anak-anak yang belum divaksin cacar air dilarang mendaftar sekolah dan ditaruh di tempat penitipan anak.

Selain itu, para orangtua yang belum memberikan vaksin cacar air kepada anak mereka bisa dijatuhi denda hingga 560 dolar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com