Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya Bakal Terus Mengabdi hingga Trump Memecat Saya lewat Twitter"

Kompas.com - 19/03/2019, 17:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber The Hill,AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo melontarkan candaan terkait dengan bosnya, Presiden Donald Trump.

Dalam wawancara ketika berada di Kansas, Pompeo sempat mendapat pertanyaan berapa lama dia bakal terus menjabat sebagai orang nomor satu di jajaran diplomat AS.

Baca juga: Trump Pecat Menteri Luar Negerinya

"Saya bakal terus mengabdi hingga dia (Trump) memecat saya melalui kicauan di Twitter," kata Pompeo yang disambut tawa hadirin dikutip AFP.

"Di mana saya tentu tidak memperhitungkan itu (kicauan di Twitter), setidaknya hari ini," lanjutnya seraya memberi pujian kepada Trump.

The Hill memberitakan, Pompeo secara tak langsung menyinggung pendahulunya, Rex Tillserson, yang dipecat pada 13 Maret 2018 lalu.

Trump mengumkan pemecatan itu lewat twit sesaat setelah The Washington Post mempublikasikan. Dikatakan Trump tak memberitahukan ke Tillserson perihal pemecatan itu.

Masa jabatan Tillserson yang berlangsung sekitar 405 hari ditandai ketegangan dengan Trump karena isu-isu seperti Korea Utara (Korut).

Tillserson, mantan eksekutif Exxon, dipecat saat dia pulang dari kunjungan di Afrika, dengan sang mantan menlu mengetahui kabar itu tatkala berada di toilet.

Mantan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) itu memuji Trump sebagai pemimpin sejati yang selalu membantunya ketika mengalami kesulitan.

Dia mengaku dirinya dan sang presien mempunyai perbedaan pendapat. Namun Pompeo menyebut perbedaan itu bisa menjadi momentum untuk membentuk koalisi dan bekerja sama.

"Dia memberikan pengarahan tersebut. Dia juga memberikan keleluasaan beserta tanggung jawab dalam mengemban jabatan," papar Pompeo kembali.

Pompeo yang notabene mantan anggota Kongres telah direkrut Partai Republik untuk bertarung memperebutkan kursi Senat AS dari wilayah Kansas.

Dia digadang-gadang menjadi pengganti Senator Pat Roberts yang memutuskan pensiun untuk mengisi kursi Senat pada 2020 mendatang.

Baca juga: Menlu AS kepada Duterte: Anda Mirip seperti Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Hill,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com