Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Kembangkan Rudal Jelajah Jarak Jauh Udara-ke-Kapal Pertama

Kompas.com - 18/03/2019, 14:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Kyodo News

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang memutuskan bakal mengembangkan rudal jelajah udara-ke-kapal jarak jauh pertamanya.

Rudal tersebut akan dapat dipasang pada jet tempur dan akan mampu menyerang kapal perang musuh dari luar jangkauan senjata musuh. Demikian disampaikan sumber pemerintah Jepang, Minggu (17/3/2019).

"Rencana tersebut bertujuan untuk meningkatkan sistem pencegahan dengan memperluas jangkauan rudal yang telah ada hingga mampu mencapai jarak lebih dari 400 kilometer."

"Diputuskannya rencana pengembangan rudal jenis tersebut untuk pertama kalinya turut didorong peningkatan kemampuan angkatan laut yang juga dilancarkan China," kata sumber dikutip Kyodo News, Senin (18/3/2019).

Baca juga: Angkatan Laut Perancis dan Jepang Sepakat Bekerja Sama Awasi Korea Utara

Proyek pengembangan rudal jelajah jarak jauh tersebut rencananya bakal didasarkan pada model rudal supersonik udara-ke-kapal, XASM-3, yang telah dikembang sebelumnya dan akan siap diproduksi massal pada tahun ini.

"Saat ini rudal tersebut baru mampu menjangkau jarak tidak lebih dari 200 kilometer," kata sumber.

Dilansir Kyodo News, Kementerian Pertahanan Jepang telah memasukkan rencana anggaran untuk proyek baru tersebut ke dalam rancangan anggaran tahun lalu dan akan direalisasikan mulai April mendatang.

Besaran anggaran yang disiapkan untuk penelitian dan pengembangan mesin rudal tersebut adalah sebesar 58 juta dollar AS (sekitar Rp 825 miliar). Demikian dilansir Yomiuri Shimbun.

Sebelumnya, pada bulan Januari, Perdana Menteri Shinzo Abe telah mencoba meyakinkan di hadapan lembaga legislatif, bahwa rudal jelajah jarak jauh tidak dilarang di bawah konstitusi.

Meski demikian, menurut pasal 9 undang-undang tertinggi negara Jepang, menyatakan menolak perang sebagai hak kedaulatan negara, melarang kepemilikan pasukan militer, dan potensi perang lainnya.

Baca juga: Imbangi China, Jepang Bakal Beli 147 Jet Tempur F-35 AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodo News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com