Kompas.com - 16/03/2019, 19:23 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Beredar sebuah spekulasi mengenai identitas pelaku penyerangan Kedutaan Besar Korea Utara (Korut) di Madrid, Spanyol.

Sepuluh pria dilaporkan merangsek masuk pada 22 Februari lalu. Melumpuhkan para penjaga, dan membawa dokumen serta komputer ke dua kendaraa kedutaan.

Upaya pencurian itu terjadi menjelang pertemuan Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Vietnam.

Baca juga: Dicurigai Melanggar Sanksi, PBB Selidiki Koleksi Mobil Mewah Kim Jong Un

Harian AS Washington Post, seperti dikutip AFP Sabtu (16/3/2019), melansir pelaku serangan itu adalah sebuah kelompok rahasia.

Dalam pemberitaan yang dipublikasikan Jumat (15/3/2019), The Post mengulas grup itu bernama Pertahanan Sipil Cheollima (CCD), dan berambisi menggulingkan Dinasti Kim.

Mengutip sumber yang paham dengan eksekusi dan perencanaan dengan CCD, organisasi itu sama sekali tidak terikat dengan pemerintahan tertentu.

Sumber itu menerangkan intelijen AS bakal enggan menerima misi tersebut dikarenakan mepetnya waktu dan sifatnya yang kurang etis.

Keterangan itu membantah harian El Pais pekan ini yang menyebutkan dua pelaku mempunyai hubungan dengan Badan Intelijen Pusat AS (CIA).

Sumber itu berkata, gol dari kelompok mereka adalah melengserkan rezim Kim Jong Un maupun mengajak massa Korut melakukan pembangkangan.

Lee Sung-yoon, pakar Korut dari Universitas Tufts sebagaimana diwartakan SCMP menerangkan, dia sangat tertarik dengan keberadaan CCD tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.