Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Pernyataan yang Menyalahkan Muslim, Senator Australia Ini Dilempar Telur

Kompas.com - 16/03/2019, 16:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber ABC

MELBOURNE, KOMPAS.com - Seorang senator Australia yang menjadi sorotan karena ucapan kontroversial terkait penembakan di masjid Selandia Baru mendapat insiden memalukan.

Dilansir ABC News Sabtu (16/3/2019), Senator Fraser Anning awalnya tengah berbicara kepada awak media selepas pertemuan politik di Moorabbin, tenggara Melbourne.

Baca juga: Serangan Teror Bikin Umat Muslim Selandia Baru Cemas Hadapi Hari Esok

Rekaman kejadian itu menunjukkan seorang bocah yang awalnya berdiri di belakangnya sembari mengambil ponsel dan mengarahkannya ke arah Anning.

Sedetik kemudian, dia tiba-tiba sudah menggenggam telur yang berada di tangan kanannya, dan langsung melemparkannya ke kepala Anning.

Tak pelak senator dari Queensland itu langsung melayangkan dua pukulan, dengan salah satunya mengenai wajah bocah yang tak disebutkan identitasnya itu.

Seorang staf Anning kemudian memisahkan si senator dari bocah tersebut. Dengan beberapa pendukungnya memiting dan menjatuhkannya.

Juru bicara Kepolisian Victoria menuturkan, remaja yang diidentifikasi berusia 17 tahun dan berasal dari Hampton itu ditangkap tak lama setelah dilepaskan.

Aksi remaja itu menuai kekaguman netizen, dengan ada yang membuka keran donasi supaya untuk membantunya memperoleh uang guna menghadapi proses hukum.

Insiden memalukan itu terjadi sehari setelah senator yang menjabat sejak November 2017 itu berkomentar atas tragedis penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood, Christchurch.

Senator berusia 69 tahun itu mendapat kecaman dunia setelah menyalahkan Muslim atas penembakan yang merenggut nyawa 49 jemaah tersebut.

Dia mengklaim imigrasi yang dilakukan Muslim menyulut kepada aksi itu. "Meski Muslim adalah korban hari ini, biasanya mereka adalah pelaku," tuturnya kala itu.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyatakan Koalisi dan Partai Buruh bakal mengajukan mosi selepas parlemen berkumpul April nanti.

Morrison dengan tegas mengatakan dia ingin mengecam Anning atas pernyataannya yang menyerang kepercayaan Islam melalui mosi itu.

Dia menuturkan seharusnya Anning malu dengan ucapannya itu. "Komentarnya sangat menjijikkan. Seharusnya dia ditempatkan di urutan terbawah dalam setiap pemilu," katanya.

Baca juga: Mengapa Selandia Baru Menjadi Target Serangan Teror?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABC


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com