Kompas.com - 15/03/2019, 19:26 WIB
|

LONDON, KOMPAS.com - Kepolisian Inggris meningkatkan penjagaan dan patroli di sejumlah masjid menyusul serangan teror di Selandia Baru yang menewaskan 49 orang.

Wali kota London Sadiq Khan dan perwira kepolisian anti-teror Inggris mengatakan, jumlah petugas akan ditingkatkan saat shalat Jumat digelar.

"Saya ingin menastikan kepada komunitas Muslim di London. Saya sudah berkomunikasi dengan kepolisian. Hari ini mereka akan menjaga masjid di saat warga Muslim London menjalankan shalat Jumat," ujar Khan, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: Teroris Penembakan Masjid Selandia Baru Sudah Rencanakan Aksinya Selama 3 Bulan

Hal senada disampaikan komandan unit anti-teror kepolisian metropolitan London, Neil Basu.

"Kami akan meningkatkan kehadiran patroli di sekitar masjid dan meningkatkan keterlibatan kami di komunitas berbagai agama, memberi saran bagaimana warga bisa melindungi diri sendiri," ujar Basu.

"Bersama dengan rekan intelijen, kami terus memantau berbagai ancaman yang ada, termasuk terhadap dan di sekitar rumah ibadah dan komunitas tertentu di negeri ini," tambah dia.

Basu menambahkan, pihaknya siap membantu kepolisian Selandia Baru dalam merespon dan melakukan investigasi serangan teror ini.

Sementara itu,ketua Dewan Muslim Inggris Harun Khan mengatakan, umat Muslim Inggris (MCB) mempersiapkan ibadah shalat Jumat dengan rasa was-was.

"Apakah masjid dan komunitas kami aman di hadapan Islamophobia dan kekerasan terhadap umat Muslim?" ujar Khan.

MCB mengatakan, dua masjid di Newcastle pernah menjadi sasaran vandalisme dengan menggambar lambang Nazi di tembok masjid.

Sebenarnya, London sudah pernah meningkatkan pengamanan masjid menyusul adanya serangan teror. Patroli tambahan dikerahkan usai serangan di Finsbury Park pada 19 Juni 2017.

Baca juga: WNI Korban Penembakan di Masjid Selandia Baru 2 Bulan Pindah dari Yogyakarta

Saat itu pelaku serangan teror Darren Osborne menabrakkan minibusnya ke para pejalan kaki yang baru saja keluar dari sebuah pusat kegiatan Muslim di dekat masjid Finsbury Park, London.

Satu orang tewas dan beberapa orang lainnya cedera. Osborne sendiri ditahan dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.