Fakta Unik Rolls-Royce, Kembangkan Mesin Pesawat hingga Diakuisisi

Kompas.com - 15/03/2019, 14:32 WIB
Rolls-Royce Phantom IV digunakan sebagai mobil pernikahan pangeran Harry dan Meghan Markle.MOTOR1.com Rolls-Royce Phantom IV digunakan sebagai mobil pernikahan pangeran Harry dan Meghan Markle.

KOMPAS.com - Setiap pabrikan otomotif ingin memberikan produk yang istimewa kepada konsumen. Ini juga yang dilakukan Rolls-Royce, pabrikan yang sampai sekarang dikenal sebagai produsen mobil mewah.

Berawal dari kerja sama antara Charles Rolls and Henry Royce, Rolls-Royce akhirnya mampu menghadirkan mobil berkelas di Inggris pada 1900-an.

Tak hanya di Inggris, dominasi Rolls-Royce juga merambah ke negara Abang Sam (AS) atau Amerika Serikat. Berikut fakta menarik dari Rolls-Royce yang tak banyak orang tahu:


1. Bertemu di Manchester

Perpustakaan tertua di Kota Manchester di Inggris.GILANG NUR RAHMAN Perpustakaan tertua di Kota Manchester di Inggris.

Charles Rolls and Henry Royce bertemu saat jamuan makan siang di Manchester. Royce yang notabene perintis usaha mesin menawarkan produk mesinnya kepada Rolls yang mempunyai dealer dan showroom mobil.

Akhirnya mereka menyepakati perjanjian untuk membuat usaha penjualan mobil pertama dengan nama "Rolls-Royce HP 10".

Antusiame konsumen membuat keduanya merintis pabrikan mobil dengan nama Rolls-Royce.

Royce bertugas mendesain hingga pembuatan. Sedangkan Rolls bertugas untuk memasarkan mobil tersebut. Pabrik mobil juga dibuat di Derby untuk mendukung pembuatan mobil Inggris itu.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Rolls-Royce Memulai Debutnya

2. Silver Ghost jadi andalan

Ghost Silverrolls-royce.com Ghost Silver

Setelah membuat dua hingga tiga mobil dengan tiga silinder, Rolls-Royce akhirnya membuat mobil dengan enam silinder, dengan nama 40/50 hp. Mobil ini sering mendapatkan julukan "Silver Ghost".

Mobil ini mendapat predikat sebagai mobil terbaik dunia setelah memecahkan rekor dalam misi pengenalan ke publik mengenai perusahaan baru itu. Misi ini juga untuk menunjukkan keandalan dan ketenangan mesin Silver Ghost.

Sebenarnya itu ide yang berisiko besar, karena jalan raya ketika itu belum sebaik sekarang. Namun, Silver Ghost berhasil menjalankan misinya.

Silver Ghost sudah berjalan tanpa henti sejauh 23.127 kilometer dari London ke Glasgow 27 kali. Predikat itu membuat namanya kian tersohor ke penjuru dunia.

Antusiasme konsumen muncul dari Amerika Serikat.  Ini membuat Rolls-Royce mendirikan pabrik keduanya di Massachusetts, AS.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X