Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanal "YouTube" Miliknya Diblokir, Pria AS Ancam Serang Markas Google

Kompas.com - 14/03/2019, 15:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Seorang pria AS ditahan setelah diduga berniat melakukan tindakan kekerasan dan pengrusakan di kantor pusat Google.

Pria bernama Kyle Long, asal Waterville, negara bagian Maine, itu mengaku kesal karena kanal YouTube miliknya diblokir oleh Google dan menyebabkan dirinya kehilangan banyak uang.

Pria berusia 33 tahun itu kemudian diketahui berencana bertemu dengan pihak Google dan berniat melakukan kekerasan apabila pertemuan tidak berjalan seperti yang dia harapkan.

Dirilis Kepolisian Mountain View, California, melalui akun Facebook mereka, penangkapan berawal dari laporan yang diterima pada Jumat (8/3/2019) pekan lalu.

Baca juga: Google Maps Tak Sengaja Ungkap Fasilitas Misil Patriot AS di Taiwan

Laporan tersebut datang dari Kepolisian Iowa, yang mengatakan sempat berurusan dengan Kyle sebanyak dua kali, yakni ketika dia terlibat dalam sebuah tabrakan kecil dan saat dia merusak fasilitas kamar kecil di sebuah toko di pom bensin.

Kepada polisi, Kyle mengatakan bahwa dia sedang dalam perjalanan ke markas Google untuk bertemu dan membahas masalah kanal YouTube miliknya yang ditutup sehingga membuatnya kehilangan uang.

Kyle tidak ditahan saat itu karena pihak pom bensin tidak mengajukan tuntutan dan kecelakaan yang terjadi sebelumnya tidak mengharuskan dia untuk ditahan, sehingga dia bisa melanjutkan perjalanan.

Namun pada Minggu (10/3/2019), kepolisian Waterville, kota asal tersangka, melaporkan informasi yang menyatakan bahwa Kyle juga berencana melakukan tindak kekerasan apabila rencana pertemuannya dengan pihak Google tidak berjalan lancar.

Usai mendapat laporan tersebut, Kepolisian Mountain View segera menginstruksikan pencarian dan penahanan terhadap Kyle sebelum dia mencapai kantor pusat Google.

Pengawasan juga dilakukan di sekitar kantor Google yang ada di San Bruno, yang ada di jalur yang dilalui tersangka.

Polisi akhirnya dapat menemukan mobil Kyle di ruas jalan Highway 101 dan Moffett Boulevard sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

Baca juga: Pelaku Mengaku Belajar Ganjal ATM Pakai Tusuk Gigi dari YouTube

Di dalam mobil polisi menemukan tiga buah pemukul bisbol dan pada ponselnya terpasang peta digital yang menunjukkan arah menuju markas Google di Mountain View.

Kyle pun ditahan dengan tuduhan membuat ancaman kekerasan dan mobilnya diderek. Dia ditahan di Rumah Tahanan Santa Clara County dengan jaminan 25.000 dollar AS.

"Kasus ini menunjukkan kinerja kepolisian yang luar biasa yang seringkali tidak terlihat setiap hari. Dari komunikasi antara dua departemen di negara bagian yang berbeda sehingga dapat diambil respon cepat oleh petugas kami," kata Max Bosel, kepala kepolisian Mountain View.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com