Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Robin Hood" Beraksi Tinggalkan Amplop Uang di Rumah Warga Sebuah Desa

Kompas.com - 13/03/2019, 22:32 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

VILLARRAMIEL, KOMPAS.com - Penduduk di sebuah desa kecil di Spanyol dikejutkan dengan amplop berisi uang yang ditinggalkan orang tak dikenal di kotak pos atau di bawah pintu rumah warga.

Sejak sepekan lalu, sebanyak 15 orang di Villarramiel, Spanyol utara, mengaku telah menerima amplop berisi uang lembaran sebesar 100 euro (sekitar Rp 1,6 juta) tanpa mengetahui siapa pengirimnya.

Warga pun dibuat bingung karena selain tidak menyertakan nama pengirim, para penerima "hadiah" tersebut tidak memiliki kaitan satu sama lain.

"Kami semua dibuat bingung dan bertanya-tanya karena kami tidak tahu dari mana uang ini berasal atau siapa dermawan yang meninggalkannya," kata Wali Kota Villarramiel, Nuria Simon kepada AFP, Rabu (13/3/2019).

Baca juga: Temuan 186 Amplop Berisi Uang di Temanggung, Diduga Politik Uang

"Kami juga tidak tahu apa tujuan dari pemberi uang," tambahnya.

Media setempat menyebut pemberi amplop uang tersebut dengan julukan "Robin Hood dari Villarramiel".

Simon menambahkan, uang tersebut ditinggalkan di dalam amplop berwarna coklat. Beberapa di antaranya bahkan juga dilengkapi catatan seperti nama penerima, alamat, dan pesan seperti "Putri Rumah Tangga" dan lambang hati.

Simon menyebutkan warga yang mendapat amplop uang kebanyakan adalah warga yang membutuhkan, seperti seorang janda yang tinggal bersama putranya, pasangan dengan anak kecil, pasangan lansia, pasangan paruh baya yang tak memiliki anak, dan lainnya.

"Tapi tidak ada hubungan yang jelas di antara para penerima," kata Simon.

Beberapa warga yang menerima uang sempat melaporkannya ke kantor polisi atau bank untuk memeriksa apakah uang tersebut asli.

Namun karena bukan merupakan pelanggaran, tidak ada penyelidikan polisi yang dilakukan dan sejauh yang diketahui, tidak ada pihak yang ditahan.

Baca juga: Wanita Ini Tertangkap Kamera Ambil 480 Angpau dari Sebuah Kuil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com