Kompas.com - 12/03/2019, 07:28 WIB
|

TEL AVIV, KOMPAS.com — Pemeran karakter Wonder Woman, Gal Gadot, kini terlibat perseteruan dengan PM Israel Benyamin Netanyahu terkait status warga minoritas keturunan Arab.

"Cintai tetanggamu seperti kamu mencintai dirimu sendiri," ujar sang aktris di tengah peran partai politik Arab dalam pemilu mendatang.

Perdebatan ini dimulai setelah Netanyahu mengatakan, Israel bukan negara untuk semua warganya, merujuk kepada 20 persen warga keturunan Arab.

Baca juga: Wonder Woman Terancam Dilarang Tayang di Lebanon, Mengapa?

Dia kemudian mengutip undang-undang "negara bangsa" yang memicu kontroversi setelah diberlakukan tahun lalu.

Pada Juli tahun lalu, para anggota legislatif keturunan Arab menentang pengesahan undang-undang itu.

Sebab, dalam undang-undang itu tertulis bangsa Yahudi memiliki hak unik sebagai cara untuk menentukan nasib sendiri dan menempatkan bahasa Ibrani di atas bahasa Arab sebagai bahasa resmi.

Perseteruan antara "Wonder Woman" dan Netanyahu ini dimulai akhir pekan lalu saat Gadot dan presenter TV Rotem Sala mempertanyakan komentar Menteri Kebudayaan Miri Regev.

Dalam wawancara televisi itu, Regev membicarakan peran partai-partai politik Arab dalam pemilu yang akan digelar 9 April mendatang.

Regev mengulangi peringatan yang disampaikan pemimpin partai sayap kanan Likud untuk tidak memilih partai pesaing Likud.

Alasannya, jika mereka dipilih kemungkinan besar akan meraih cukup suara untuk berkoalisi untuk membentuk pemerintahan dan mendudukkan para politisi keturunan Arab di parlemen.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.