Kompas.com - 11/03/2019, 08:45 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan bertemu dengan warga negara Indonesia di Jepang pada Minggu (10/3/2019).

Dalam acara yang berlangsung di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jepang di Tokyo itu, Jonan memamparkan sejumlah capaian pemerintah di bidang energi.

Untuk pembangkit listrik, menurut Jonan, PT PLN (Persero) tengah melakukan kajian mengenai penggunaan minyak sawit (crude palm oil/CPO) sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD).

Baca juga: Ketika Jonan Sindir Direksi PTBA soal Hilirisasi Setelah 100 Tahun

"Pembangkit listrik PLN dicoba menggunakan minyak kelapa sawit. Sekarang dipersiapkan kilang di Plaju dari minyak kelapa sawit menjadi minyak diesel," ujarnya, seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com

Kementerian ESDM menargetkan paling lama dua tahun seluruh PLTD sudah menggunakan CPO.

Namun, ada yang menarik dalam acara tersebut ketika Jonan mendapat masukkan dari Muhammad Huda, mahasiswa S2 jurusan energi di Tokyo Institute of Technology (Tokodai) Okayama.

Dia mengaku mengapresiasi ketersediaan energi oleh pemerintah. Namun, dia juga berharap pemerintah dapat meningkatkan konsumsi listrik dalam negeri, termasuk pemerataan ongkos produksi PLN.

"Soal ketersediaan mereka bagus ya. Yang sangat urgent adalah meningkatkan konsumsi listrik," katanya.

Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif menyambut baik acara tatap muka Jonan dengan WNI yang tinggal di Jepang.

"Paparan ini bisa menjadi sorotan WNI di Jepang terkait prestasi Indonesia di bidang energi," ucapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.