Kompas.com - 09/03/2019, 22:28 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Seekor anjing polisi di Baghdad, Irak, menuai pujian setelah aksinya yang berhasil menyelamatkan seorang perempuan dari upaya pemerkosaan.

Dilansir The New Arab, pihak keamanan mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi pada siang hari di sebuah ruas jalan dekat dengan kantor kementerian pertahanan.

Saat itu salah seorang pelatih sedang berjalan bersama anjing polisi di dekat lokasi. Mendadak anjing tersebut bereaksi dan menyalak ke arah pelaku.

Pelatih itu melihat seorang wanita sedang menjadi sasaran kekerasan seksual yang brutal dan segera bertindak dengan mengejar pelaku yang melarikan diri.

Baca juga: Melawan Saat Ditangkap, Penjahat Gigit Kepala Anjing Polisi

"Secara kebetulan, seekor anjing polisi bersama pelatihnya sedang berada di dekat lokasi penyerangan dan tampaknya anjing tersebut dapat merasakan adanya tindak kejahatan dan mulai menyalak."

"Pelatih yang mengetahui kemudian berusaha mengejar penyerang yang melarikan diri," tulis laporan yang dirilis pihak keamanan, Jumat (8/3/2019), terkait insiden itu.

"Jika bukan karena reaksi anjing itu, kemungkinan korban akan mengalami kekerasan seksual yang brutal," tambah laporan tersebut.

Salah seorang pejabat kepolisian mengatakan, korban selamat meski sempat mengalami tindakan kekerasan dan telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

"Polisi telah dapat mengidentifikasi tersangka pelaku penyerangan dan tengah bekerja untuk menemukan kemudian menangkapnya. Sementara korban kini berada di rumah sakit," ujar pejabat itu.

Foto korban yang mengalami luka serius telah tersebar luas di media sosial dan banyak yang memuji reaksi cepat anjing polisi dan pelatihnya yang berhasil menggagalkan upaya pemerkosaan tersebut.

Sementara aktivis hak-hak perempuan yang berbasis di Irak, Suaad Murad, mengaku terkejut dengan kabar penyerangan tersebut yang terjadi pada siang hari, dan di lokasi yang dekat dengan kantor pemerintahan.

"Bagaimana hal itu bisa terjadi di siang hari dan di sebelah gedung kementerian pertahanan di pusat kota Baghdad?" tanyanya kepada The New Arab.

Baca juga: Anjing Setia Ini Mati Setelah Lindungi Keluarga Majikan dari Ular Kobra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.