Kompas.com - 09/03/2019, 18:37 WIB

FUKUOKA, KOMPAS.com - Seorang wanita Jepang berusia 116 tahun telah dinobatkan sebagai manusia tertua di dunia oleh Rekor Dunia Guinness, Sabtu (9/3/2019).

Dikutip AFP dari Guinness, Kane Tanaka diketahui lahir pada 2 Januari 1903, di tahun yang sama dengan saat Wright bersaudara melakukan peluncuran pesawat terbang bertenaga manusia yang pertama.

Penobatan Tanaka sebagai manusia tertua di dunia dirayakan di sebuah panti jompo di Fukuoka, Prefektur Fukuoka, Jepang barat, di mana Tanaka tinggal.

Seremonial penobatan itu turut dihadiri Wali Kota Fukuoka, Soichiro Takashima, serta sejumlah simpatisan lainnya.

Ketika ditanya tentang saat paling membahagiakan dalam hidupnya, Tanaka menjawab dengan singkat, "Sekarang".

Baca juga: Berusia 113 Tahun, Pria Tertua di Dunia asal Jepang Meninggal Dunia

Kendati telah berusia lebih dari satu abad, namun Tanaka disebut masih sangat sehat. Dia bahkan masih kerap menghabiskan waktunya dengan berhitung atau bermain permainan papan, seperti Othello.

Dilansir AFP, Tanaka menikah dengan Hideo pada tahun 1922 dan telah melahirkan empat anak. Pasangan itu kemudian masih mengadopsi seorang anak lainnya.

Tanaka disebut memiliki rutinitas dengan bangun pagi setiap pukul 06.00 kemudian menghabiskan hari-harinya dengan mempelajari matematika atau berlatih kaligrafi.

"Salah satu hiburan favorit Tanaka adalah permainan Othello dan dia juga ahli dalam permainan papan klasik. Dia bahkan kerap mengalahkan para staf rumah jompo," tulis Guinness dalam laporannya.

Jepang termasuk salah satu negara dengan penduduk yang memiliki harapan hidup paling tinggi di dunia dengan banyak di antaranya dapat mencapai usia 100 tahun.

Beberapa kali predikat manusia tertua juga disematkan pada orang Jepang, termasuk di antaranya Jiroemon Kimura yang juga mencapai usia 116 tahun sebelum meninggal pada Juni 2013.

Sementara manusia tertua yang pernah hidup dan dapat diverifikasi oleh Guinness adalah Jeanne Louise Calment dari Perancis, yang diketahui telah hidup hingga usia 122 tahun sebelum meninggal pada 1997.

Baca juga: Perdebatan Ahli tentang Wanita Tertua yang Meninggal di Usia 122 Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.