Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Tanggapi Skeptis Pakistan yang Klaim Menahan 100 Anggota Kelompok Ekstremis

Kompas.com - 09/03/2019, 16:26 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com — India akan tetap menempatkan pasukannya untuk melakukan penjagaan secara ketat guna mengantisipasi serangan baru dari Pakistan.

New Delhi juga kembali memperingatkan Islamabad untuk mengambil tindakan nyata terhadap kelompok-kelompok militan yang berada di wilayah negaranya.

Kedua negara saat ini tengah lebih tenang setelah ketegangan yang terjadi pekan sebelumnya menyusul saling tuduh dan saling serang menggunakan jet tempur yang dipicu aksi teror bom bunuh diri di wilayah Kashmir India yang menewaskan 40 anggota paramiliter.

Serangan teror bom bunuh diri tersebut diklaim dilakukan oleh kelompok militan Jaish-e-Mohammad yang berbasis di Pakistan dan dikenal sebagai kelompok anti-India.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri India menanggapi dengan skeptis laporan otoritas Pakistan yang mengklaim telah meningkatkan tindakan keras terhadap kelompok ekstremis.

Baca juga: Pakistan Tangkap Tersangka Kunci Serangan Bom Bunuh di India Kashmir

"Islamabad sedang dalam penolakan atas bentuk dukungan yang diberikannya kepada kelompok-kelompok yang dituduh melancarkan serangan di India," kata Raveesh Kumar, dalam konferensi pers, Sabtu (9/3/2019).

"Angkatan bersenjata kami akan terus mempertahankan penjagaan ketat dan akan tetap bertekad untuk membela bangsa dan rakyatnya. Kami telah dan akan terus bertindak dengan penuh tanggung jawab dan kedewasaan," katanya dikutip AFP.

India mengaku curiga dengan pernyataan Pakistan bahwa mereka telah menangkap dan menindak kelompok Jaish-e-Mohammad yang bertanggung jawab atas serangan di Kashmir bulan lalu.

Islamabad telah mengumumkan bahwa mereka telah menahan lebih dari 100 anggota kelompok ekstremis, termasuk JeM.

Namun, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi dalam wawancara televisi baru-baru ini juga telah membantah bahwa JeM bertanggung jawab dalam serangan di Kashmir India.

Juru bicara India mengatakan, keberadaan kamp-kamp teroris yang luas di Pakistan telah menjadi rahasia umum, baik di dalam maupun di luar Pakistan.

"Ini menunjukkan bahwa Pakistan telah gagal mengambil tindakan yang dapat dipercaya terhadap Jaish-e-Mohammad ataupun organisasi teroris lain, yang beroperasi dengan kebebasan dari Pakistan," kata Kumar.

Baca juga: Pakistan Tangkap Lebih dari 100 Tersangka Anggota Kelompok Ekstremis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com