Kompas.com - 09/03/2019, 10:52 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Bayi laki-laki Shamima Begum, perempuan asal Inggris yang bergabung dengan ISIS di Suriah, dikabarkan telah meninggal.

Bayi bernama Jerrah yang baru lahir beberapa pekan lalu di kamp pengungsian di Suriah itu meninggal karena pneumonia, menurut sertifikar medis, seperti dilaporkan BBC.

Juru bicara Pasukan Demokratik Suriah (SDF), Mustefa Bali, pada Jumat (8/3/2019), mengkonfirmasi kabar kematian putra Shamima itu, namun menolak memberikan keterangan lebih rinci terkait penyebab maupun kapan bayi itu meninggal.

Dia juga sebelumnya sempat membantah kabar duka itu dalam sebuah postingan di akun media sosial Twitter miliknya.

Shamima, yang baru berusia 19 tahun, meninggalkan Inggris menuju Suriah empat tahun lalu bersama dengan dua teman sekolahnya.

Baca juga: Diancam Bakal Dibunuh, Shamima Dipindahkan dari Kamp Pengungsi Suriah

Di Suriah, Shamima menikah dengan seorang pria anggota ISIS asal Belanda, Yago Riedijk, dan sebelumnya telah melahirkan dua anak lainnya. Namun keduanya juga telah meninggal, diyakini lantaran sakit dan kekurangan gizi.

Bulan lalu, dia muncul di media, mengatakan ingin kembali ke Inggris. Shamima yang melarikan diri dari pertempuran ISIS melawan pasukan koalisi yang didukung AS, tiba di pengungsian dalam kondisi hamil dan akhirnya melahirkan di kamp pengungsian.

Tetapi beberapa hari lalu, Shamima dikabarkan telah meninggalkan kamp pengungsian setelah mendapat sejumlah ancaman pembunuhan, yang diduga datang dari pihak-pihak yang tidak senang dengan keputusan Shamima untuk pulang ke Inggris dan berbicara kepada media.

Shamima sebelumnya juga telah kehilangan kewarganegaraan Inggris miliknya yang dicabut pemerintah Inggris. Dia juga ditolak untuk kembali ke kampung halamannya.

Namun bayi Shamima sempat dijanjikan oleh Kementerian Dalam Negeri bakal mendapat bantuan dan diperlakukan sebagai warga negara Inggris apabila mampu mencapai perwakilan Inggris di luar Suriah.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.