Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Ajukan Surat Permintaan Pembelian Jet Tempur kepada AS

Kompas.com - 08/03/2019, 14:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Pemerintah Taiwan telah kembali mengajukan permintaan resmi kepada Washington untuk dapat membeli jet tempur buatan AS.

Pengajuan tersebut guna meningkatkan kemampuan Taipei dalam mempertahankan diri dari ancaman China yang juga terus meningkat.

"Kami kembali mengajukan permintaan untuk dapat membeli jet tempur dari AS karena China telah semakin meningkatkan kekuatan militernya."

"Kami mulai merasakan adanya ketidakseimbangan dalam kemampuan pertahanan udara kami (dengan China)," kata Wakil Menteri Pertahanan Taiwan, Shen Yi-ming, Kamis (7/3/2019).

Permintaan itu, jika dikabulkan, maka berpeluang akan semakin meningkatkan ketegangan antara China dengan AS yang saat ini sedang terlibat perang dagang.

Baca juga: Taiwan Pamerkan Drone Pengintai Jarak Jauh Terbarunya

Dilansir AFP, Taiwan saat ini memiliki 326 unit jet tempur yang seluruhnya telah berusia tua dan beroperasi sejak 1990-an. Armada pesawat tempur Taiwan saat ini terdiri dari F-16 buatan AS, Mirage buatan Perancis, dan IDF, jet produksi dalam negeri Taiwan.

Pihak Kementerian Pertahanan Taiwan tidak bersedia mengungkapkan berapa jumlah jet tempur yang rencananya akan dibeli dari AS, pun demikian dengan tipe pesawat tempur yang diinginkan.

Namun media lokal, Apple Daily, melaporkan bahwa Taiwan berencana membeli 66 unit jet tempur F-16V yang biaya 13 miliar dollar AS (sekitar Rp 186 triliun), termasuk untuk rudal, logistik, dan pelatihan.

"Tidak masalah apakah itu F-15, F-18, F-16, atau F-35, asalkan sesuai dengan kebutuhan tempur kami," ujar Mayor Jenderal Tang Hung-an dari Markas Komando Angkatan Udara Taiwan.

Tang menambahkan bahwa surat permintaan kepada AS juga tidak menyebutkan tipe pesawat tempur yang dikehendaki Taiwan.

AS telah sejak lama menjadi sekutu kuat tak resmi Taiwan, meski Washington telah mengalihkan pengakuan diplomatiknya dari Taipei ke Beijing pada 1979.

Baca juga: Permintaan Pembelian F-35 Ditolak, Taiwan Kembali Pertimbangkan Jet F-16V

AS juga telah menjadi pemasok persenjataan terbesar bagi Taiwan, namun Washington telah berulang kali menolak permohonan Taiwan untuk pembelian jet tempur sejak 2002, diyakini karena khawatir akan kemungkinan adanya tindakan balasan dari Beijing.

Tahun lalu, AS sempat berencana menjual sejumlah komponen militer ke Taiwan dalam kontrak senilai 330 juta dollar AS (sekitar Rp 4,7 juta), termasuk untuk suku cadang standar pesawat tempur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com