Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar "Momo" Menyeramkan Michael Jackson di Internet, Polisi Meksiko Bersiaga

Kompas.com - 08/03/2019, 13:53 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Kepolisian di Meksiko dilaporkan bersiaga setelah muncul video menakutkan di internet tentang sosok "Momo" yang meniru mendiang penyanyi Michael Jackson.

Dalam video itu, sebuah patung terinspirasi dari King of Pop dengan wajah mengerikan menggoyang-goyangkan kepalanya mengikuti lagu Smooth Criminal.

Baca juga: Gadis 5 Tahun Potong Rambutnya Sendiri Usai Tonton Video Momo Challenge

Dilansir Daily Mirror dan Daily Mail Kamis (7/3/2019), "Momo" Michael Jackson itu mengatakan bakal menghantui "kamar tidurmu" pukul 03.00 dini hari, dan berteriak hee hee.

Adapun nama patung mengerikan itu adalah Ayuwoki. Diambil dari lirik Smooth Criminal terkenal yang berbunyi Annie are you okay?.

Meme tersebut dilaporkan awalnya berasal pada 2009, atau tahun di mana Michael Jackson meninggal, ketika patung itu menampilkan gerakan ikonik Sang Raja Pop.

Keberadaan meme menyeramkan itu membuat Kepolisian Negara Bagian Baja California Sur mengeluarkan keterangan resmi untuk menegaskan kabar itu tidak benar.

"Meski sebagian besar orang berpikir ini adalah keberadaan setan atau hantu, tidak ada perbuatan supranatural dalam kasus ini," demikian pernyataan polisi.

"Para remaja dan anak-anak yang membagikan video ini karena berpikir sangat keren telah menimbulkan ketegangan, kegelisahan, dan susah tidur," lanjut kepolisian.

Situs Argentina Infobae melaporkan pembuat patung itu mengaku dia membuatnya karena terinspirasi "raja" yang lain, Yakni King of Rock'n'Roll Elvis Presley.

Namun tidak diketahui alasannya, patung tersebut malah dipakaikan baju Michael Jackson. Sejumlah netizen membagikan pandangan mereka tentang Hantu "El Ayuwoki" ini.

Salah satunya adalah warganet yang mengunggah gambar dia memegang pistol di tempat tidur dan menunggu kedatangan "Momo" Jackson tersebut.

"Ketika saya tidur dan mendengar hee hee," ujar netizen tersebut dalam Bahasa Spanyol. Kemunculan meme menyeramkan itu terjadi setelah viralnya karakter Momo.

Wajah hantu Jepang dengan mata terbelalak dan senyum menyeringai itu dilaporkan membuat anak-anak melukai diri mereka sendiri, dan mewabah dalam beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Seniman Pencipta Momo Mengaku Telah Lama Hancurkan Boneka yang Viral

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com