Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah, Inggris dan AS Terhubung Saluran Telepon

Kompas.com - 07/03/2019, 11:36 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi dan informasi memudahkan seseorang untuk berkomunikasi, walaupun berbeda tempat dan bahkan berbeda negara sekalipun.

Kondisi ini berbeda dengan puluhan tahun yang lalu, ketika komunikasi masih sulit dilakukan. Teknologi menjadi kendala utama dalam komunikasi ketika itu.

Semua berubah sejak Alexander Graham Bell menemukan telepon, perangkat yang dengan mudah menghubungkan satu orang dengan orang lainnya.

Meski demikian, tantangan tetap ada saat manusia dihadapkan pada kendala geografi, seperti rentang jarak Atlantik yang besar.

Kabel telepon sederhana tak memungkinkan bisa melintasi wilayah tersebut. Namun, kebutuhan perdagangan dan politik memaksa beberapa pihak untuk menghubungan telepon melewati daerah itu.

Hari ini 93 tahun yang lalu, tepatnya pada 7 Maret 1926, Inggris dan Amerika Serikat bisa terhubung saluran telepon. Melalui pengembangan dari tim insinyur AS dan Inggris, mereka bisa terhubung menggunakan sinyal radio.

Walaupun ini hanya sebatas percobaan awal, namun terhubungnya AS dan Inggris sebagai pertanda telepon sudah bisa digunakan lintas samudra dan benua.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Alexander Graham Bell Terima Hak Paten Telepon

Awal mula

Komunikasi antarbenua menjadi sesuatu yang dinantikan beberapa orang. Terhubungnya jaringan telepon lintas benua dan samudra memudahkan keperluan beberapa pihak.

Tak hanya sekedar perdagangan, kepentingan diplomasi juga bisa difasilitasi ketika komunikasi lintas benua dapat terhubung.

Pengembangan pertama dilakukan dengan membentangkan kabel panjang di bawah air. Selang beberapa minggu kabel ini rusak karena materialnya tak bisa bertahan lama menghadapi air laut.

Keadaan ini memacu para insinyur Bell Labs (kini AT&T) untuk mengembangan penemuannya. Ini bermula dari keberhasilan mereka mengadakan percakapan dua arah pertama dengan kapal di laut.

Selain itu, mereka juga bisa menghubungkan antara Virginia di AS dan Paris di Perancis walau hanya dengan layanan satu arah saja.

Perang mengakibatkan dampak yang besar, salah satunya adalah berbagai penemuan dan pengembangan telekomunikasi yang lebih baik secara cepat. Hal ini untuk menunjang peperangan.

Pada 1926, Bell Labs berhasil menghubungkan lintas benua antara AS dan Inggris. Ini menjadi langkah baru dan pertanda keberhasilan pengembangan Bell Labs kepada dunia komunikasi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Telepon Internasional Pertama di Dunia

Panggilan komersial pertama

Para kru mempersiapkan panggilan teleponHistory Para kru mempersiapkan panggilan telepon

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com