Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Singapura dan Selandia Baru Paling Aman bagi Wanita di Asia Pasifik, Indonesia Peringkat 13

Kompas.com - 06/03/2019, 11:36 WIB

KOMPAS.com - Singapura dan Selandia Baru menjadi dua negara paling aman bagi wanita di Asia Pasifik. Sementara Indonesia menempati peringkat 13 dari 14 negara yang disurvei.

Hasil tersebut berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga penasihat konsumen yang berbasis di Singapura, Value Champion.

Hasil survei yang dirilis Selasa (5/3/2019) di situs resmi mereka itu memeringkatkan 14 negara di kawasan Asia Pasifik berdasarkan hal keselamatan, kesehatan dan peluang bagi perempuan di negara-negara tersebut.

Lembaga itu menggunakan data yang bersumber dari sejumlah badan dunia, seperti WHO untuk mengukur tingkat kesehatan, Departemen Luar Negeri AS untuk tingkat keamanan, serta Bank Dunia dalam melihat tingkat kesempatan bagi perempuan.

Dalam hal keselamatan, survei tersebut mempertimbangkan perlindungan hukum dan kualitas hidup untuk perempuan yang disediakan masing-masing negara.

Baca juga: Hari Perempuan Sedunia, Koran Perancis Ini Tarik Biaya Lebih ke Pembaca Pria

Pemeringkatan kesehatan menggunakan akses medis dan kebebasan dalam memilih perencanaan keluarga bagi perempuan. Sementara hal kesempatan berkaitan dengan pendidikan dan pekerjaan bagi kaum hawa.

"Dengan munculnya gerakan #MeToo yang mendunia ditambah protes yang dipimpin perempuan terhadap isu kekerasan seksual, kenyataan tentang kualitas hidup sehari-hari bagi perempuan kini mulai muncul ke permukaan," ujar Anastassia Evlanova, analis penelitian yang bekerja untuk survei tersebut.

Negara yang menjadi obyek survei adalah Indonesia, Singapura, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Filipina untuk wilayah Asia Tenggara.

Kemudian Jepang, Taiwan, China, Hong Kong, Korea Selatan, dan India, serta ditambah dengan Australia dan Selandia Baru.

Tabel peringkat 14 negara Asia Pasifik dalam hal keamanan bagi perempuan.VALUE CHAMPION Tabel peringkat 14 negara Asia Pasifik dalam hal keamanan bagi perempuan.

Dilansir SCMP, Singapura dan Selandia Baru sama-sama menempati peringkat pertama dalam survei, dengan Singapura unggul untuk segi keamanan, sementara Selandia Baru terbaik dalam hal kesempatan bagi perempuan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke