Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Hewan Peliharaan di Gedung Putih AS...

Kompas.com - 05/03/2019, 18:15 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi banyak orang, punya hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan. Selain menemani dalam kehidupan sehari-hari, hewan peliharaan juga dapat membantu untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Tak banyak yang tahu bahwa beberapa pemimpin negara juga memelihara binatang kesayangan. Mereka memberi makan dan hidup berdampingan bersama hewan tersebut setiap harinya.

Dilansir dari Thought.co, ada beberapa kisah menarik mengenai hewan peliharaan yang ada di Gedung Putih, Amerika Serikat. Tercatat bahwa sejumlah presiden memiliki hewan peliharaan yang setiap saat menemani orang nomor wahid di AS.

Tentunya tiap generasi kepemimpinan memiliki karakter dan jenis hewan peliharaan masing-masing. Mulai dari anjing, burung, hingga kuda yang tergolong besar.

Berikut adalah hewan-hewan peliharaan yang pernah menemani Presiden AS:

1. George Washington

Tradisi memulai memelihara hewan peliharaan bermula sejak Presiden pertama AS, George Washington. Namun, dia tak merawatnya secara langsung di Gedung Putih.

George Washington secara pribadi merawat banyak hewan di rumahnya yang terletak di Gunung Vernon. Hewan favoritnya adalah Nelson yang merupakan kuda berwarna coklat dengan paduan warna putih pada wajah dan kaki.

Nelson pernah menjadi tunggangan Washington ketika menerima penyerahan Inggris di Yorktown sebagai pertempuran yang mengakhiri Perang Revolusi.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Washington tidak pernah mengendarai Nelson lagi setelah perang. Sebagai gantinya, dia membiarkan kudanya mendapatkan pelayanan maksimal seperti selebritas dengan penuh kemanjaan.

Baca juga: Saat FDR Jadi Presiden AS Pertama yang Gunakan Pesawat Terbang...

2. Abraham Lincoln

Dia merupakan presiden AS ke-16. Pada masa kepemimpinannya, Lincoln terkenal sebagai penyayang binatang dan pemilik hewa peliharaan.

Bahkan, Lincoln membiarkan putranya Tada dan Willie memelihara semua hewan peliharaan yang mereka inginkan.

Lincoln akhirnya menyediakan tempat khusus di Gedung Putih dengan aneka binatang peliharaan. Seketika Gedung Putih menjadi seperti kebun binatang mini yang terdiri dari kalkun, kuda, kelinci, dan dua kambing bernama Nanny dan Nanko.

Dua kambing inilah yang mendapatkan perlakukan khusus dari Abraham Lincoln. Suatu ketika, Nanny dan Nanko pernah diajak dalam sebuah perjalanan dengan kereta presiden. Sementara kalkun bernama Jack, begitu disayangi oleh anak pertamanya Tod.

3. Benjamin Harrison

Presiden ke-23 ini juga mengizinkan anggota keluarganya untuk memelihara hewan di Gedung Putih. Harrison memelihara seekor anjing bernama Dash, dua possum bernama Mr Reciprocity dan Mr Protection, serta seekor kambing bernama His Whiskers.

Hewan peliharaan ini sering menarik banyak orang ketika berkeliaran di sekitar halaman Gedung Putih. Bahkan His Whiskers juga menarik gerobak mengelilingi Gedung Putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com