Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2019, 15:26 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Letnan Kolonel Abhinandan Varthaman, pilot jet tempur yang sempat disekap Pakistan, sudah kembali dengan selamat ke India pada pekan lalu.

Abhinandan menjadi wajah konflik Pakistan dan India yang terjadi pada pekan lalu ketika jet tempur MiG-21 yang dikendalikannya jatuh ditembak militer Pakistan.

Baca juga: India Klaim Kembali Tembak Jatuh Drone Pakistan

Setelah dibebaskan di gerbang perbatasan Attari-Wagah Jumat malam waktu setempat (1/3/2019), pilot berusia 38 tahun itu dipuja sebagai pahlawan India.

Diwartakan CNN Senin (4/3/2019), sebagai bentuk penghormatan terhadap Abhinandan, di India saat ini banyak pria mulai meniru kumisnya yang unik.

Perpaduan gaya antara gunslinger dengan mutton chop, potongan kumis yang ada di India dikenal sebagai "Kumis Abhinandan".

"Terinspirasi dari Abhinandan," kata seorang warganet dengan nama Aditya Swaminathan ketika memamerkan "Kumis Abhinandan" di Twitter.

India begitu memperhatikan perkambangan kasus Abhinandan ketika Kementerian Informasi Pakistan merilis video penangkapannya.

Sebelum Islamabad merilis, sempat beredar video di mana Abhinandan dipukul dan ditendang oleh warga Horran, sebuah desa di Kashmir Pakistan tempatnya jatuh.

Ketenangannya di video yang menunjukkan dia menyesap teh, sejalan dengan warga India dan Pakistan yang menginginkan perdamaian antar-negara.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengucapkan selamat ketika Abhinandan dibawa ke gerbang perbatasan Wagah dan dipersilakan menuju ke wilayah India.

"Selamat datang kembali Komandan Abhinandan! Negara sangat bangga akan keberanian Anda," ujar Modi dalam kicauannya di Twitter.

Setelah dibebaskan, Abhinandan dilaporkan langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan medis.

Baca juga: AS Selidiki Kabar Pakistan Gunakan F-16 untuk Tembak Jatuh Jet Tempur India

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.