Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Pencipta "Momo" Mengaku Telah Lama Hancurkan Boneka yang Viral

Kompas.com - 04/03/2019, 19:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber The Sun,AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu sempat ramai beredar isu tentang permainan tantangan yang disebarkan oleh nomor tak dikenal melalui aplikasi WhatsApp yang disebut "Momo Challenge".

Satu hal yang menjadikan tantangan itu ditakuti adalah penggunaan foto yang menampilkan sosok karakter perempuan fiktif bernama "Momo" yang memiliki ekspresi menyeramkan.

Tantangan itu juga dikabarkan telah mendorong seorang gadis remaja berusia 12 tahun melakukan bunuh diri, meski kebenaran kabar itu belum bisa dipastikan sampai saat ini.

Menurut Unit Investigasi Kriminal Komputer di negara bagian Tabasco, Meksiko, permainan tantangan itu berawal dari media sosial Facebook, di mana orang-orang "ditantang" untuk berkomunikasi dengan sebuah nomor tak dikenal.

Baca juga: Gadis 5 Tahun Potong Rambutnya Sendiri Usai Tonton Video Momo Challenge

Nantinya "Momo" akan memberikan tantangan yang harus dilakukan atau mereka akan diancam.

Namun siapa sebenarnya "Momo" dan siapa penciptanya?

Dilansir AFP, karakter "Momo" yang viral belakangan merupakan ciptaan dari seorang seniman Jepang bernama Keisuke Aiso.

Dikisahkan Aiso, karakter "Momo" terinspirasi dari kisah hantu bernama "ubume", seorang wanita yang meninggal saat melahirkan.

Aiso menggambarkan sosok "Momo" dengan wanita berambut panjang berantakan, mata terbelalak, dan senyum menyeringai.

Boneka yang dibuat dengan bahan silikon dan setinggi sekitar satu meter itu pertama kali dipamerkan dalam pameran bertema hantu di Ginza, pada tahun 2016. Namun Aiso mengaku saat itu bonekanya tidak terlalu menarik perhatian.

Lalu di mana boneka "Momo" itu sekarang?

"Boneka itu sudah tidak ada lagi. Itu memang tidak pernah dimaksudkan untuk disimpan dalam waktu lama."

"Sekarang boneka itu sudah rusak dan saya sudah lama membuangnya. Anak-anak bisa tenang sekarang. Dia sudah tidak ada dan kutukannya sudah hilang," kata Aiso, dikutip The Sun.

Baca juga: Viral Momo Challenge Renggut Nyawa Gadis 12 Tahun karena Bunuh Diri

Terkait kabar mengenai "Momo Challenge" yang menjadi viral belakangan dan sering dikaitkan dengan kasus anak yang menyakiti diri sendiri, bahkan bunuh diri, Aiso mengaku turut menyesal dan merasa bertanggung jawab.

"Boneka itu dibuat memang untuk menakut-nakuti orang, tapi saya tidak pernah bermaksud untuk menyakiti siapa pun," ujar seniman berusia 46 tahun yang memiliki perusahaan pembuat alat peraga untuk drama televisi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com