Kompas.com - 03/03/2019, 17:28 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Anggota ISIS Yago Riedijk, suami Shamima Begum, akhirnya angkat bicara setelah selama ini istrinya muncul di media mengungkapkan keinginannya pulang ke Inggris.

Yago berasal dari Belanda dan pergi untuk bergabung ISIS pada 2014. Pria berusia 27 tahun itu kini ditahan di pusat penahanan milik pasukan Kurdi di Suriah.

Keduanya menikah beberapa hari setelah tiba di wilayah ISIS pada 2015.

Baca juga: Diancam Bakal Dibunuh, Shamima Dipindahkan dari Kamp Pengungsi Suriah

Kepada BBC, dia mengaku berjuang untuk ISIS namun sekarang ingin kembali ke rumahnya di Belanda bersama istri dan putra mereka yang baru lahir.

Shamima Begum. Remaja 19 tahun asal Inggris yang kabur demi bisa bergabung dengan ISIS pada 2015.BBC via Daily Mirror Shamima Begum. Remaja 19 tahun asal Inggris yang kabur demi bisa bergabung dengan ISIS pada 2015.
Namun, Yago harus menghadapi hukuman penjara selama enam tahun karena bergabung dengan organisasi teror jika dia kembali ke Belanda.

Pria itu kini menolak ISIS dan mencoba meninggalkan kelompok ektremis, yang kini tersudut di kantong wilayah terakhir mreka.

Dia mengaku dipenjara di Raqq dan mengalami penyiksaan dari anggota ISIS lainnya karena dituding sebagai mata-mata Belanda.

Yago dan Shamima melarikan diri dari kota Baghouz dan menyerahkan diri kepada pasukan Suriah.

Shamima baru saja melahirkan putra mereka di Jarrah, kamp pengungsian al-Hawl di Suriah yang ditempati 39.000 orang. Perempuan berusia 19 tahun itu sekarang pergi meninggalkan kamp.

Yago menikahi Shamima ketika gadis remaja itu berusia 15 tahun, sementara umurnya 23 tahun.

Halaman:
Sumber BBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.